250-500

Menulis Sebelum Terinspirasi

Sumber : Klik gambar

Jangan tunggu dapat inspirasi barulah menulis, tapi menulislah niscaya inspirasi itu akan datang. Inilah rumus yang seringkali saya lupakan, mungkin bukan saya sendiri di dunia ini seperti itu.

Saya pikir banyak yang menunggu inspirasi, lantas kemudian menuliskannya. Golongan ini adalah golongan yang boleh jadi banyak pengikutnya. Sementara golongan lain hanya segelintir, dimana mereka menulis saja apa yang ada, sehingga dengan sendirinya inspirasi itu datang.

Sekarang saya diberi kebebasan untuk masuk ke dalam golongan yang mana. Bukan hanya saya, mungkin kita semua dipersilahkan memilih masuk dalam golongan yang banyak atau golongan yang segelintir.

Jika pilihan jatuh pada golongan kebanyakan, tentu konsekuensinya kita tanggung sendiri. Misalnya kehilangan ide untuk mulai menulis, menemukan kebuntuan saat menulis, atau kehilangan gairah untuk melanjutkan tulisan. Bukan hanya pengikutnya yang banyak, konsekuensi buruknya juga terlalu banyak.

Apabila pilihan dijatuhkan pada golongan yang sedikit. Maka dampaknya akan kita rasakan dengan sendirinya. Memang agak berat untuk menjadi golongan ini. Bukanlah mengherankan jika sekiranya tidak banyak orang yang berani untuk menulis saja dulu, ide soal belakangan. Meski tak ada sedikitpun inspirasi atau informasi dari tulisan itu. Biasanya kelompok yang sedikit itu telah diseleksi oleh alam untuk berada di posisi puncak dan menjadi orang terbaik.

Ayo pilih mana? Sebaiknya ingat rumus sederhana itu, dimana kita menulis saja dulu, ide dan inspirasi akan mengikuti dengan sendirinya. Jika menunggu inspirasi datang, sudah dapat dipastikan tulisan tidak akan terwujud. Mereka yang sudah punya ide saja masih sulit untuk mewujudkan dalam bentuk tulisan, apalagi bagi yang belum punya ide. Untuk itu tulis saja dulu, meskipun tanpa inspirasi dan miskin ide. Bila dilakukan berulang-ulang, inspirasi akan turun seperti butiran hujan yang tak terhingga hitungannya.

Iklan

2 thoughts on “Menulis Sebelum Terinspirasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s