500-1000

“10 Hal Yang Akan Saya Lakukan Jika Kehabisan Ide Ngeblog”

Hadir sebuah tantangan menarik dari rekan-rekan blogger di forum komunitas blogger palanta, sebuah komunitas bloger ranah minang. Tantangannya sederhana, namun memiliki makna yang dalam seputar ide. Tantangan ini buat menstimulus rekan-rekan yang udah kelamaan stag ngeblog, khususnya yang kehabisan ide dalam ngeblog dan nulis.

Tantangan berupa pertanyaan pada diri sendiri. Apa sekiranya 10 hal-hal yang akan dilakukan jika (………). Terserah kita mau ngisi bagian yang kosong itu. Tidak ada sekat, terserah mau nulis apa. Sebab tantangan ini hanya buat happy saja.

Dalam postingan ini saya lebih memilih hal seputar ide nulis. Biasanya hal itu yang bikin blog terbengkalai bagaikan taman yang tak berbunga. Untuk itu, 10 hal yang saya lakukan jika kehabisan ide nulis (ngeblog).

  1. Membaca buku. Pertama hal yang saya lakukan adalah dengan membaca buku, terserah buku apa saja. Saya percaya dengan membaca akan menambah kosa kata dalam otak kita. Hal yang jauh lebih penting lagi adalah membaca dapat menambah pengetahuan dan pemahaman kita akan hakikat sesuatu. Kosa kata itulah kelak akan menjadi energi dalam menguntai tulisan.
  2. Membaca semesta. Ketika kebosanan membaca buku melanda, saya lantas mencoba untuk membaca alam semesta. Membaca semesta ini seperti membaca lingkungan sekitar kehidupan. Memahami segala sesuatu yang terjadi di sekeliling kita, apapun itu. Tuhan telah meanganugrahkan kita untuk berpikir atas apa yang terjadi di semesta ini. Sangat rugi sekali apa yang telah kita “baca” dari semesta tak diukir dalam bentuk tulisan.
  3. Berjalan-jalan ke suatu tempat. Hal yang satu ini bukan hanya untuk melahirkan ide nulis aja. Melainkan dapat menjadi sarana untuk melepas penat dari segala aktifitas dan pekerjaan. Berlibur ke sebuah tempat yang setidaknya bisa menyegarkan otak yang terkuras karena pekerjaan
  4. Bertanya. Inilah kebiasaan baru yang belakangan saya lakukan, yaitu bertanya pada orang yang baru saya kenal. Pertanyaan yang saya lempar merupakan bahan untuk nulis di blog. Pertanyaanya seputar cara orang tersebut memandang kehidupan mereka.
  5. Berselancar di dunia maya. Nah, hal ini mungkin sudah lumrah kita lakukan. Entah itu berselancar di social media, berita online, blogwalking, forum dan situs lainnya. Jika dalam berselancar itu jika tidak diselipkan hasrat untuk menemukan ide nulis, maka waktu yang kita gunakan untuk berinternet rasanya terbuang sia-sia.
  6. Memaksa diri. Nah inilah hal yang cukup berat, memaksakan diri untuk tetap menulis dengan melawan rasa malas. Hasilnya adalah apa yang ditulis kadang sesuatu yang jauh dari kata penting karena nulisnya terpaksa. Kalau tidak dipaksa, kapan lagi kemuan menulis akan bersahabat dengan diri yang pada dasarnya mempunyai potensi malas. Jadi, lawan rasa malas dengan memaksakan diri buat nulis.
  7. Tetap semangat. Menjaga semangat ini tidak seperti menjaga pasangan atau menjaga hewan peliharaan. Menjaga semangat ini menjaga diri, seperti menjaga api unggung agar tetap selalu terbakar. Semangat menulis harus tetap menyala walau badai kesibukan dan waktu terus berhembus dalam diri. Ketika semangat itu hadir, maka tak ada lagi alasan gak ngeblog karena gak ada waktu atau sedang sibuk.
  8. Jangan menyerah. Menyerah adalah hal yang selalu datang menghampiri pikiran. Terutama takkala ide benar-benar tumpul dan mandeg di jalan buntu. Serangan menyerah inilah menurut saya yang amat berbahaya, sebab bisa saja serangan ini membuat blog jadi rumah tua yang tak berpenghuni.
  9. Ikhlas. Ini adalah ilmu yang teramat sulit untuk dilakukan. Menulis dengan ikhlas, tanpa pamrih. Menulis dengan ikhlas itu adalah menulis tanpa mengharapkan sesuatu, entah itu berharap pujian, sanjungan, kunjungan, komentar dan harapan-harapan lain selain berharap ke ridhoan Ilahi. Apabila nulis itu mengharapkan ridho Tuhan, maka menulis akan menjadi aktifitas yang menyenangkan.
  10. Mengulangi lagi dari poin 1-9. BIla gagal, ulangi lagi poin 1-9, dan begitu seterusnya.

Inilah cara saya, bagaimana dengan cara teman-teman? Apa 10 hal yang dilakukan jika kehabisan ide nulis (ngeblog).?

Iklan

12 thoughts on ““10 Hal Yang Akan Saya Lakukan Jika Kehabisan Ide Ngeblog”

  1. kalo udah mentog (buntu) yaa uwes, cari udara segar keluar, jalan-jalan liat pemandangan,,,, balik lagi ga langsung nulis tapi nyante leha-leha sambil baca buku ^_^

    Suka

  2. kebiasaan yang kesepuluh bik geleng-geleng gan πŸ˜€ Ide ngeblog memang seperti jaelakung, datang tak dijemput pulang tak diantar. kadang tiba-tiba muncul kadang hilang begitu saja. kalo saya sendiri biasanya tak tinggal tidur πŸ˜€

    Laptop Murah

    Suka

  3. Kehabisan Ide ?

    Baca lagi postingan saya yang sudah-sudah … yang lama-lama
    Baca lagi komentar teman yang lalu … yang lama-lama

    Biasanya sih dari situ keinget lagi ide yang akan ditulis

    salam saya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s