250-500

Perjalanan Spritual Masih Berlanjut

Aku masih ingat di awal bulan Ramadhan lalu ingin menjadikan Ramadhan sebagai awal dari perjalanan spritual yang menakjubkan. Tuhan Maha Mendengar, jelang beberapa hari setelah terbesit keinginan itu, banyak sekali kejadian-kejadian yang menggugah sisi batin dan spritual ku.

Selepas bulan Ramadhan, takala bulan syawal telah tiba, aku mengira pencarianku akan spritualitas terhenti saat itu juga. Ternyata tidak, aku malah ingin sekali mencari, menggali dan mengasah pemahaman akan relasi antara hidup, keyakinan dan Tuhan.

Sumber gambar : klik gambar

Ketika aku menemukan sesuatu, mengetahui sesuatu dan memahami sesuatu, aku merasa makin bodoh. Lebih lagi aku merasa makin berdosa kala menyadari apa yang selama ini aku lakukan adalah sesuatu yang keliru. Inikah namanya hidayah.

Satu hal yang semakin aku sadari bahwa sesungguhnya banyak yang aku tidak tahu di dunia ini. Celakanya kebodohan telah menguasi pikiranku dengan menganggap diriku sudah mengetahui suatu hal. Sejatinya apa yang kita ketahui, entah apapun itu, sebenarnya membuktikan bahwa masih banyak yang tidak diketahui dari pada apa yang telah diketahui.

Itu hanya sekelumit kisah dari jalan panjang yang aku sebut dengan perjalanan spritual. Selain itu, masih banyak kejadian, kisah dan cerita yang mampu menggugah batinku. Tidak hanya itu, dalam perjalanan spritual ini aku bertemu dengan banyak orang, mengenal beberapa orang dan berinteraksi dengan seseorang. Semua interaksi itu, baik secara langsung maupun tidak langsung telah menjadikan pemahaman aku akan hakikat hidup mulai menemukan titik terang.

Tapi aku tak pernah mengerti dan tak pernah paham, apakah yang aku cari dalam perjalanan spritual ini? Mencari Tuhan, mencari diriku sendiri, mencari dunia atau mencari apa? Satu hal yang cukup aku mengerti adalah melanjutkan perjalanan ini.

Iklan

6 thoughts on “Perjalanan Spritual Masih Berlanjut

  1. cukup banyak hikmah yang bertebaran di muka bumi ini, dan sangat beruntunglah orang yang pandai mengambil pelajaran dari setiap kejadian

    tulisan blognya bagus-bagus mas, saya suka šŸ˜€

    Suka

  2. cukup diambil hikmahnya aja bro.
    terus lanjutkan sampai akhirnya kita sadar dengan apa yang sebenarnya kita inginkan saat ini..
    *cailah bahasanya

    Suka

  3. Sejatinya Tuhan selalu dekat dg kita hanya kita yang menjauh dari-Nya….
    Semoga saya juga selalu menemukan hidayah-Nya sehingga apa yang saya lakukan di dunia ini tidak sekedar.hidup karena itu sangat menyedihkan.

    Salam dari Bali

    Suka

  4. ada banyak hal dan kejadian yang membuat kita sadar, betapa Rabb Semesta Alam sangat memperhatikan kita, membuat kita belajar, menggali ilmu-ilmu dari hal-hal yang kita lihat dalam keseharian, yang kecil namun mengandung makna yang dalam. misal ilmu dari seekor semut.

    lanjutkan pencarianmu kawan…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s