250-500

Penyakit Hati

Sumber gambar : google

Sekarang hari jum’at yah. Jadi ingat dengan program jum’at menulis yang dulu pernah aku buat untuk nyuntik motivasi dalam menulis. Entah di jum’at keberapa, program ini mandeg. Tidak satupun tulisan ditelorkan sejak jum’at kelabu itu.

Setidaknya aku sudah mencoba untuk melecut semangat menulisku dengan caraku sendiri. Meskipun pada akhirnya program pribadi tersebut gagal. Kegagalan bukanlah kata akhir, kegagalan adalah awal untuk mencoba lagi. Mungkin saja akan kembali berakhir gagal atau boleh jadi kita akan menemukan keberhasilan sesudah kegagalan itu.

Sesungguhnya banyak cara membuat sesuatu itu gagal, tapi hanya ada satu cara untuk mencapai keberhasilan, yakni melewati kegagalan itu.

Rumus tersebut berlaku dalam upaya mengobati penyakit hati yang kita derita. Ke dokter manapun pergi, mereka tidak akan bisa mendiagnosa penyakit yang ada di hati kita. Diri sendirilah yang bisa mengetahui bahwa ada penyakit di hati kita dengan menyadari bahwa hati kita pernah kotor.

Ada beberapa penyakit hati yang disampaikan oleh khatib jum’at tadi siang. Diantaranya sombong, dengki, riya, iri dan sebagainya. Disadari atau tidak, seorang manusia seperti kita pernah mengalami penyakit diatas. Jika ada yang mengaku tidak pernah menderita penyakit diatas, mereka bukanlah manusia.

Akui sajalah bahwa kita pernah salah dan tergelincir soal hati, sebab pengakuan adalah mula dari pertobatan. Pintu taubat itulah kelak akan mengantarkan kita untuk ingat kepada Allah.

Dengan ingat Allah akan hadir secercah harapan untuk memperbaiki diri dalam mengobati penyakit hati. Rumus  terus mencoba membersihkan hati dengan selalu ingat Allah dalam setiap aspek kehidupan yang dijalani. Bisa saja ditengah upaya memperbaiki diri itu terdapat kemungkinan tergelincir lagi. Jangan khawatir, pintu taubat selalu terbuka bagi mereka yang tulus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s