250-500

Hidayah

Sumber gambar : idriwalmayusda.blogspot.com

Subhanallah. Hidayah itu memang luar biasa, wahai kawan. Jangan kira hidayah itu datang dari dirimu sendiri. Hidayah itu datang dari Allah. Tapi ada peran dan usaha dirimu yang tak bisa kamu elakan. Allah yang menentukan sejuah mana Dia membimbing mu sesuai dengan kadar usahamu.

Sederhananya hidayah itu adalah petunjuk. Sebuah petunjuk bagimu untuk mencapai sebuah tujuan. Kemana tujuan terindah dirimu setelah kehidupan dunia ini berakhir? Silahkan jawab sendiri ya kawan.

Mari kita contohkan kamu ingin pergi ke sebuah tempat, anggap saja tempat itu sebuah rumah yang bernama surga. Tapi kamu tidak tahu dimana rumah itu berada. Kamu akan bertanya pada seseorang dimana rumah surga. Orang itu akan memberikan arah dan petunjuk padamu jalan menuju rumah itu. Ketika kamu telah mendapatkan arah, apakah kamu akan dapat sampai kerumah itu tanpa berjalan menuju kesana? Tidak.

Berjalanlah, ikuti petunjuk itu. Boleh jadi kamu akan sampai kerumah itu.  Bisa jadi juga ditengah perjalanan kamu tersesat karena kamu membaca peta dengan cara yang salah. Ketika kamu tersesat, baca lagi petunjuk tersebut terus menerus hingga kamu sampai ke rumah yang kamu tuju.

Jangan pernah lelah mencermati petunjuk yang telah tersedia untukmu. Bersabarlah, Allah tidak akan menyia-nyiakan usahamu. Peta yang ada di tanganmu itu berasal dari Allah. Kemampuanmu untuk bisa berjalan itu merupakan karunia dari Allah. Mana mungkin kamu akan sampai kerumah tersebut jika kamu sakit ditengah perjalanan. Inilah nikmat yang sering kali kita lupakan, nikmat sehat.

Masihkah kamu mengharapkan hidayah itu turun tiba-tiba, sementara kamu enggan untuk berusaha menggapai tujuan, kamu enggan berjalan, kamu enggan bertanya dan kamu enggan membaca dan memahami petunjuk yang telah ada. Teruslah cari seperti kamu mencari jarum dalam tumpukan jerami. Meskipun mustahil, jangan khawatir Allah selalu bersama orang-orang yang bersungguh-sungguh.

Tahukah kau kawan apa petunjuk yang bisa mengantarkanmu pada tujuanmu, yaitu Al Quran. Kitab suci yang membentang di hamparan semesta dan jagad raya. Baca dan pahamilah, hatimu akan bergetar dengan luar biasa.

Iklan

7 thoughts on “Hidayah

  1. masyaAllah, sebuah tulisan yang mampu membuka matahati kita tuk tdk menanti datangnya HIDAYAH tapi harus dicari. saat kita bertanya kepada seseorang, mengapa belum ini, belum itu ? pasti jawabnya belum ada hidayah dari Allah, padahal HIdayah itu tdk dtng dngn sendirinya harus berusaha…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s