0-250

Seni Memilih

Air tak pernah membangkang dengan mengalir menuju ketinggian. Matahari tak mau menantang untuk terbit di sebelah barat. Itu hanyalah sekelumit kisah semesta yang tunduk padaNYA. Tak ada pilihan selain sujud pada pencipta.

Manusia memang berbeda. Dengan diberikan kemampuan untuk memilih. Manusia menentukan sendiri apakah mau sujud atau tidak padaNYA.

Memilih adalah seni dari sebuah kehidupan. Ia tak dapat dinilai dengan angka pasti. Banyak sekali komponen yang menentukan sebuah pilihan.

Tengok saja sikap politik kita bermasyarakat dan bernegara dalam sebuah pemilihan umum. Kita bebas memilih apakah berpartisipasi pada pemilu atau masuk kedalam kategori golongan putih (golput).

Paling menarik disini adalah melihat bagaimana seseorang itu menentukan pilihannya. Beragam sekali alasan seseorang menentukan pilihan.

Ada yang memilih dari hati. Ada memilih karena ikut-ikutan. Memilih karena dapat uang. Memilih karena merasa satu golongan. Memilih karena bujukan dan alasan lain yang berjibun banyaknya.

Tanpa disadari, pikiran kita sesungguhnya bisa direkayasa oleh sekelompok orang untuk menjatuhkan sebuah pilihan. Makanya pencitraan menjadi senjata ampuh untuk dapat menggiring seseorang dalam menentukan pilihan politik.

Padahal sebagai manusia kita mempunyai potensi dan kebebasan untuk menetukan pilihan. Sayang potensi kebebasan tersebut belum sepenuhnya berada di tangan kita. Banyak faktor eksternal yang mempengaruhi kita menjatuhkan sebuah pilihan.

Begitupun dalam kehidupan. Kita mempunyai kebebasan untuk memilih. Ironis sekali ketika pilihan yang kita ambil dipengaruhi oleh bujuk rayu setan. Entah itu disadari maupun tidak.

Memilih adalah seni. Sebuah pilihan akan indah bila kelak tidak ada rasa penyesalan. Meskipun pilihan yang kita ambil adalah pilihan terburuk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s