Ngepos via Hape

Disiplin Itu Keteraturan

Tidak ada kata yang dapat menjelaskan disiplin selain dari kata keteraturan. Kata yang sepadan dengan disiplin adalah keteraturan. Silahkan tengok kamus bahasa Indonesia, disiplin memilik arti yang berbeda. Malah disiplin bermakna ketaatan, tata tertib, dsb.

Aku nengoknya di kamus bahasa indonesia online. Ndak tau, kalau dalam buku kamus bahasa indonesia disiplin itu adalah keteraturan. Kalau tidak ada berarti ini hanya pemahaman ku saja.

Dimana aku memahami disiplin itu merupakan suatu keteraturan. Seperti tentara yang sudah terbiasa dengan keteraturan, sehingga telat sedikit dalam apel upacara bisa kena sanksi.

Begitupun dalam kehidupan sehari-hari, kedisiplinan atau keteraturan sering dijumpai dalam setiap aktifitas, mulai dari bangun pagi, gosok gigi, masuk kerja hingga pulang kerja.

Gak ada khan orang yang dibilang taat gosok gigi, paling lebih tepatnya teratur gosok gigi. Memang sih, orang yang teratur beribadah disebut dengan orang yang taat. Tapi lebih tepatnya disiplin itu keteraturan, bukan ketaatan.

Nah, berangkat dari situlah menulis itu membutuhkan kedisiplinan. Disiplin yang kuat akan melatih otak untuk dapat menuangkan ide dengan alur yang mengalir.

Untuk bisa terampil dalam menulis, perlu sekali keteraturan. Jangan pernah sekali-kali berpikir bahwa tulisan kita tidak bagus, tulisan kita tidak inspiratif. Sebab untuk mengahasilakan tulisan seperti itu kita harus teratur dalam menulis.

Satu tulisan, satu hari. Tidak susah khan. Banyak cerita kehidupan yang bisa kita tuliskan. Entah itu kisah sedih, kisah senang, kisah bahagia bahkan kisah yang tidak penting sekalipun bisa dijadikan bahan untuk menulis.

Jadi, untuk bisa menulis satu tulisan dalam satu hari itu butuh kedisiplinan yang kuat. Disiplin yang kuat itu terwujud dengan teratur menulis satu tulisan dalam satu hari.

Inilah konsep yang ada dalam pikiranku saat ini hingga kedepannya. Semoga konsep satu tulisan, satu hari menjadi kebiasaan hidup hingga umur menua.

Iklan

One thought on “Disiplin Itu Keteraturan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s