Ngepos via Hape

Anak Muda Mencari Langgar

Kami di kampung biasanya menyebut mushala itu dengan langgar. Orang kota tidak mengenal langgar, mereka hanya mengenal mushala.

Ketika shalat isya berlangsung, dua orang anak muda duduk diatas motor mereka yang terparkir di depan mesjid dekat kota. Rupanya gerangan menunggu jamaah mesjid yang keluar, setelah selesai melaksanakan shalat isya. Mereka mau bertanya dimana mushala terdekat.

Mereka bukan ingin mau beribadah ke mushala tersebut. Mesjid yang ada di depan mereka saja enggan untuk disinggahi.

Akhirnya keluar juga jamaah pertama. Anak muda tadi bertanya pada jamaah itu, dimana mushala terdekat. Ketika si jamaah nanya nama mushalanya, si anak muda tak tahu nama mushala yang dicari.
Sebab tujuannya bukan mencari mushala, tapi mencari teman mereka yang bernama wanda yang telah menunggu dekat mushala. Satu-satunya patokan mereka hanya daerahnya saja, padahal didaerah itu begitu banyak mushala berdiri.

Jika begini, mau kemana anak muda itu? Memang malam ini malam minggu. Malam dimana anak muda mengaktulisasikan jiwa muda mereka dengan cara yang bisa bikin geleng-geleng kepala.

Aku tak mau berprasangka mau kemana dan mau ngapain anak muda itu. Yang membuat aku heran itu kenapa mereka mencari mushala di dekat mesjid. Apakah mereka tidak bisa membedakan mana mushala dan mana yang mesjid.

Bila demikian, bisa-bisa mereka tidak bisa membedakan mana yang buruk dan mana yang baik.

Kemana orang tua mereka? Apakah pendidikan mereka hanya diserahkan ke sekolah saja? Tanpa pernah peduli betapa pentingnya pendidikan dalam sebuah keluarga. Terutama dalam mendidik moral dan agama.

Iklan

4 thoughts on “Anak Muda Mencari Langgar

  1. banyak juga pemuda semacam itu yang menjadikan mushalla dan masjid sebagai patokan pencarian mereka tanpa pernah mau singgah untuk sholat di dalamnya, namun tidak semua pemuda demikian, karena masih ada pemuda yang rajin ibadah dan tekun senantiasa ke masjid untuk sholat lima waktu……salam πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s