Ngepos via Hape

Pencuri Paling Berbahaya

Belakangan aku mulai mengatur pola berpikir. Pagi aku memilih bahagia untuk hari ini. Malamnya aku menyimpulkan apakah hari ini telah memutuskan bahagia.

Aku mencoba untuk tidak khawatir pada masa depan dengan fokus pada hari ini. Masa depan adalah hari ini, bukan esok.

Dengan prinsip itu tidak ada alasan bagiku untuk tidak menuliskan gerak-gerik ku dalam satu hari itu. Awalnya memang cukup berat, tapi aku percaya bahwa diriku bisa menempa kebiasaan berguna ini.

Coba tengok hari ini. Tidak banyak yang bisa aku lakukan. Masih ada beberapa waktu yang terbuang sia-sia. Akan tetapi waktu yang bermanfaat juga ada.

Waktu bermanfaat itu diisi dengan membaca. Bagiku membaca akan membuat otak tetap sibuk. Sementara ada hal lain yang ku lakukan. Namun, manfaatnya tidak sebanyak membaca.

Lumayanlah, dari pada tidak ada sama sekali. Mending aku sibukan diri dengan menulis dan membaca.

Pencuri paling berbahaya itu adalah waktu luang yang tidak diisi dengan hal bermanfaat. Melamun, bengong dan tidak menyibukan diri dapat mencuri waktu yang kita punya.

Ketika otak tidak disibukan dengan berbagai aktifitas maka rasa sedih akan datang dengan sendirinya. Ia merusak kebahagian yang seharusnya bisa kita nikmati.

Meskipun kita mempunyai pekerjaan, tentu setelah bekerja ada rentang waktu yang berpeluang menjadi waktu yang kosong. Apabila waktu kosong ini tidak dimanfaatkan dengan baik maka ia akan menjadi ruang hampa.

Ruang dimana perasaan sedih akan hinggap di hati. Ruang dimana otak tidak berfungsi. Ruang dimana kita menafikan bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk sempurna.

Hal paling sederhana yang dapat dilakukan dalam ruang hampa itu adalah dengan berzikir. Dengan mengingat Tuhan kita akan semakin dekat dengan pencipta. Disamping itu, ada energi luar biasa yang merasuk jiwa.

Bila ingin pada tingkatan yang lebih tinggi, maka bacalah. Karena membaca merupakan perintah agama. Membaca akan semakin sempurna apabila diiringi dengan menulis.

Jadi, untuk apa bersedih pada waktu luang yang selama ini kita terlantarkan dalam kehidupan yang indah ini.

Iklan

5 thoughts on “Pencuri Paling Berbahaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s