Ngepos via Hape

Pergi Manambang

Manambang merupakan tradisi yang sampai saat ini belum musnah di hari lebaran. Entah apa terjemahan bahasa indonesia yang tepat dari manambang ini.

Istilah manambang sangat populer di kalangan anak-anak. Sebab manambang adalah tradisi anak kecil yang datang dari satu rumah ke rumah lainnya untuk mendapatkan uang lebaran.

Biasanya pemilik rumah akan ngasih uang jika ada serombongan anak-anak yang datang.

Manambang bukan berarti mengemis. Tapi merupakan simbol bersilahturahmi. Namun, karena kebiasaan masyarakat bagi-bagi uang saat lebaran membuat tamu yang datang kecipratan rezeki, terutama tamu anak-anak.

Bagi anak-anak uang manambang dapat digunakan untuk berbelanja mainan saat lebaran. Atau mungkin sekedar menambah uang jajan.

Banyak suka duka pergi menambang. Hal itulah yang saya rasakan sewaktu kecil. Dulu semasa kecil begitu banyak anak-anak yang pergi manambang. Jika gak ikut artinya gak gaul.

Sekarang menambang tidak seramai dulu. Tidak banyak anak-anak yang pergi menambang. Setidaknya masih ada satu persatu yang manambang. Suatu saat bisa saja tradisi ini menghilang. Tidak ada lagi anak-anak yg pergi manambang. @garammanis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s