Ngepos via Hape

Merindukan Ketenangan

Saat ini, aku tidak lagi merindukan kebahagian, tapi aku merindukan ketenangan. Sebab dalam ketenangan terkandung kebahagian. Sebaliknya kebahagian belum tentu menciptakan ketenangan.

Ketenangan yang ku impikan yaitu ketenangan hati. Hati nan tenang akan membuat jiwa menjadi damai. Kemanakah aku harus mencari ketenangan itu?

Manalagi kalau bukan kepada Tuhan Sang Maha Pencipta. Mungkin kebahagian bisa kita ciptakan. Namun, ketenangan jiwa tidak bisa lepas dari andil Tuhan.

Banyak orang yang merasa bahagia, namun tak banyak yang merasa tenang. Dalam Al Quran kata “sakinah” yang berarti ketenangan berulang kali termaktub dalam beberapa ayat. Salah satunya dalam aspek perkawinan dalam kehidupan manusia.

Ritual perkawinan ini merupakan pertemuan antara dua belah jiwa yang mampu menghadirkan ketenangan dalam diri manusia. Makanya banyak yang berbondong-bondong mendoakan pengantin baru dengan kata SAMARA (sakinah, mawaddah dan warahmah). Satu diantara doa tersebut adalah semoga mendapatkan ketenangan dalam menjalankan ibadah pernikahan.

Bukan hanya itu, ketenangan merupakan aspek penting dalam mengarungi bahtera kehidupan yang keras ini. Ada yang memperoleh rezeki melimpah tapi belum merasa tenang. Ada pula yang merasa tidak tenang karena mendapatkan rezeki yang sempit.

Hanya orang-orang bersyukur yang mampu mendapatkan ketenangan. Baik itu bersyukur takala rezeki sempit maupun saat rezeki lapang. Rasa syukur yang terwujud dalam segala aspek kehidupan.

Memang bersyukur merupakan perkara gampang diucapkan, tapi susah untuk dipraktekan. Bukan berarti rasa syukur mustahil untuk digapai agar menuju ketenangan nan hakiki. @garammanis

Iklan

5 thoughts on “Merindukan Ketenangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s