Ngepos via Hape

Renungan di Pinggir Jalan

Aku duduk di pinggir jalan. Menyaksikan orang-orang yang berlalu lalang. Ada yang berjalan, ada yang bermotor dan ada yang bermobil.

Biasanya sore ini tidak seramai sore-sore sebelumnya. Berhubung sore ini adalah sore di bulan ramadhan. Bulan dimana umat muslim berpuasa.

Tak pelak sebelum azan magrib berkumandang dan bedug berbuka puasa bergema. Banyak diantara muslim yang bertebaran dengan beraneka alasan. Mulai dari sekedar jalan-jalan, berjualan sampai dengan yang mencari makanan untuk berbuka.

Betapa istimewa bulan ramadhan. Tanpa dikomandoi, semua serentak berserakan di jalanan. Dengan satu harapan, bisa berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

Ketika berada ditengah keramaian. Di pinggir jalan ini, diriku selalu bertanya. Apa gerangan yang ada dalam pikiran dari orang-orang ini? Bagaimana mereka memandang dunia? Seperti apa mereka manjalani puasa di bulan ramadhan.

Apakah mereka yakin bahwa hari ini adalah betul bulan ramadhan. Kalaupun mereka yakin sekarang bulan ramadhan, apakah keyakinan itu akan membentuk sikap dan prilaku yang berbeda dari pada bulan-bulan sebelumnya?

Semua pertanyaan itu menjadi misteri yang terus jadi tanda tanya besar dalam benak ku. Misteri tentang sejauh mana keyakinan berdampak terhadap prilaku dan sikap.

#memaknai_ramadhan3

Iklan

One thought on “Renungan di Pinggir Jalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s