Ngepos via Hape

Kekuatan Zakat dan Sedekah

Banyak cara tuhan menunjukan kepada manusia betapa besar kekuasaanNYA.

Secara pribadi saya ditunjukan dengan cara yang berbeda. Cara dimana saya meyakini bahwa zakat dan sedekah mempunyai keterkaitan dengan rezeki.

Mungkin selama ini kita memandang rezeki hanyalah uang atau materi. Padahal rezeki bukan sekedar itu, rezeki itu luas. Sehat dan pemahaman juga merupakan rezeki yang tak tampak tapi pernah kita miliki.

Disini saya percaya bahwa rezeki itu dapat dipancing dengan sedekah dan zakat.

Ceritanya berawal di sebuah mesjid. Saya bertemu dengan seorang laki-laki. Laki-laki itu membutuhkan bantuan. Ia ingin mencari pekerjaan, setelah baru keluar dari penjara karena kasus kecelakaan lalu lintas.

Sejak keluar penjara, ia belum pernah mampir ke rumah. Sebab rumahnya jauh di luar kota sana. Jadi ia langsung cari kerja sekeluar penjara. Ia tak mendapatkan apa-apa, yang tersisa hanya rasa letih dan lelah. Ia terkapar disudut mesjid kantor dprd kota pekanbaru.

Saat saya duduk di mesjid, ia mendekati saya dan menanyakan pekerjaan. Saya tidak tahu, sebab saya juga baru di pekanbaru.

Wajahnya tampak lelah. Dari sorot mata terlihat bahwa ia ingin pulang. Mendekap anak semata wayang. Biarlah hidup bertani di kampung, keluhnya kepada saya.

Sayang seribu sayang. Ia tak punya ongkos untuk pulang. Lidahnya tak tega untuk meminta-minta. Meskipun pikirannya berupaya untuk berontak supaya menimba belas kasih kepada orang lain.

Tak pernah ia mengucapkan kata meminta. Ia cuma ingin ditunjukan tempat mencari kerja. Jika tidak ada, ia berharap bisa menginjak kampung halaman.

Sebelum bertemu laki-laki musafir itu, saya sudah mempunyai alokasi dari pendapatan bulan itu untuk menunaikan zakat.

Kebetulan Tuhan mempertemukan saya dengan musafir itu. Tanpa pikir panjang, saya wujudkan niat saya kepada laki-laki itu.

Apa daya, dibulan kemudian setelah pertemuan itu. Tuhan menyadarkan saya bahwa sikap saya saat itu dibalas dengan rezeki yang tak terduga. Saya mendapatkan rezeki yang tak pernah saya dapatkan sebelumnya.

Saya yakin dua peristiwa yang berbeda itu saling memiliki kaitan. Zakat dan sedekah akan dibalas dengan rezeki yang setimpal. Kadang kita tak menyadari dampak yang ditimbulkan dari zakat dan sedekah.

Iklan

3 thoughts on “Kekuatan Zakat dan Sedekah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s