Ngepos via Hape

Merangsang Pikiran

Hidup memang pilihan. Memilih antara senang dan cemas. Atau memilih untuk optimis dan pesimis.

Secara ilmiah pikiran optimis akan berdampak pada pelepasan senyawa kimia yang berkaitan dengan kesenangan, dalam hal ini disebut dopamin. Sehingga otak berasumsi dunia ini aman.

Sementara perasaan cemas akan menimbulkan pelepasan hormon stres. Hormon tersebut akan mempengaruhi tubuh sehingga menganggap dunia ini tempat menakutkan. Terlepas rasa cemas itu sungguh nyata atau hanya sekedar fantasi.

Lantas pertanyaan dasar yang mesti terjawab adalah bagaimana kita memandang dunia ini. Apakah dunia ini tempat yang aman atau tempat menakutkan?

Cara pandang tentang dunia. Cara kita berpikir dan emosional pikiran mempengaruhi secara mendalam bagaimana kita memahami dunia.

Banyak kisah sukses manusia yang mempunyai satu kesaman. Mereka sama-sama memandang dunia dari sudut positif. Sudut dimana setiap aspek kehidupan selalu direspon dengan sikap optimis.

Disisi lain, sebagian manusia masih bergelut dengan kehidupan karena mereka mamandang kehidupan dari sudut negatif. Sisi dimana sesungguhnya pikiran negatif itu membuat segala sikap dalam kehidupan dihadapi dengan pesimis. Sehingga dunia menjadi tempat menakutkan.

Ketakutan demi ketakutan menjadi akumulasi yang menyebabkan penyakit jiwa. Resah, gelisah dan rasa cemas membayangi setiap saat. Perasaan yang kemudian menjadi permasalahan hidup

Untuk itu perlu unsur transenden yang mengatasi setiap permasalahan itu. Aspek doa mampu mengatasi semua permasalahan hidup. Dengan dilandasi fondasi keyakinan bahwa tidak ada tempat mengadu selain Tuhan.

Penelitan menunjuk bahwa ketika berdoa otak mengalami proses yang menakjubkan. Proses dimana keyakinan tampak nyata bekerja dalam otak dan pikiran. Maka sudah seharusnya kita merangsang pikiran untuk selalu beribadah dan ingat dengan Tuhan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s