Ngepos via Hape

Memahami Bagaimana Kebiasaan Itu Bekerja

Pernahkah sanak membaca buku The power of habit karya Charles Duhigg?

Buku tersebut telah diterjemahkan dalam bahasa indonesia. Buku yang sekarang terpajang di bagian depan toko buku terkemuka.

Buku ini akan membantu kita memahami bagaimana kebiasaan itu bekerja. Ketika kita bisa memahami kebiasaan bekerja, maka kita dapat mengontrolnya.

Rumus yang ditawarkan sangat sederhana, yakni tanda-rutinitas-ganjaran. Selain itu perlu mengidentifikasi rasa ngidam yang membuat kenapa kita melakukakan kebiasaan itu.

Rumus tersebut dapat kita gunakan untuk merubah kebiasaan buruk kita. Misal, kebiasaan merokok, kebiasaan makan, kebiasaan menunda-nunda dll. Ada banyak kebiasaan yang harus kita ubah. Namun, kita tak pernah menyadari bagaimana mengubahnya.

Melalui buku inilah kita menemukan formula yang dapat merubah kebiasaan kita. Kebiasaan buruk yang mungkin sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Perubahan mungkin tidak bisa cepat dan tidak selalu mudah. Namun dengan waktu dan upaya, nyaris setiap kebiasaan dapat dibentuk ulang” demikian ujar Charles Duhigg dalam bukunya ini.

Bingkai kerja untuk membentuk ulang kebiasaan adalah dengan mengidentifikasi rutinitas, mencoba bermacam ganjaran, menemukan tanda dan menyusun rencana.

Demikian panduan praktis yang diuraikan di bab lampiran mengenai bagaimana menggunakan gagasan-gagasan dalam buku the Power of Habbit ini.

Charles Duhigg di bab pertama menjelaskan secara gamblang kebiasaan dari sudut pandang personal. Di bab kedua menguraikan bagaimana kebiasaan dari organisasi yang sukses. Pada bab ketiga lebih menekankan kebiasaan komunitas. Barulah di bagian lampiran dijelaskan bagaimana kita menggunakan gagasan buku ini dalam setiap aspek kehidupan kita.

Dari formula tersebutlah kita dapat menyesuikan dengan kebiasaan yang ingin kita ubah. Sebab setiap kebiasaan orang itu berbeda-beda. Hanya dirinya sendirilah yang dapat mengidentifikasi kebiasaannya. Tentu dirinya sendirilah yang dapat mengubah kebiasaan itu.

Adakah kebiasaan yang ingin sanak bloger ubah?
@garammanis

Iklan

4 thoughts on “Memahami Bagaimana Kebiasaan Itu Bekerja

  1. Ada satu kebiasaan buruk yang Alhamdulillah berhasil saya “tanggulangi”
    (tak usahlah saya sebutkan kebiasaan buruk yang mengganggu udara orang lain itu …)(tau dong jo … kebiasaan apa ?)

    Saya sudah empat bulan ini … say good bye dengan “komoditi” yang satu itu 🙂

    Salam saya Ajo

    Suka

  2. Beruntung saya berkunjung kesini. Nama buku itu sudah saya catat dan akan masuk buku yang segera saya beli. Tarimo kasih banyak, Jo. Nampaknyo sabana bagehe buku ko, hehe…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s