Ngepos via Hape

Sate Blora

Sate padang dan sate madura merupakan makanan yang tidak asing lagi di ditelinga dan lidah. Sebab kedua jenis sate ini bisa di jumpai di berbagai tempat. Dimana ada sete madura disitu ada sate padang. Secara umum perbedaan diantara kedua jenis sate tersebut terletak pada kuahnya. Kuah sate padang berbentuk kental yang terbuat dari tepung terigu. Sementara sate madura menggunakan kuah kacang.

Ternyata selain dari kedua macam sate tersebut ada sate yang masih asing di telinga saya. Sate itu adalah sate blora. Warung sate yang saya jumpai di sekitar jalan soebrantas, Panam di kota pekanbaru.

Dari namanya sate ini berasal dari kota blora yang berada di wilayah jawa tengah. Secara geografis blora cukup jauh dari madura. Namun, sate blora lebih mirip dengan sate madura. Sate blora berkuah kacang juga, seperti sate madura. Sementara lontongnya sama dengan lontong pada sate madura.

Secara umum sate blora dan sate madura hampir sama. Bedanya terletak pada tambahan kuah cabe ijo di sate blora. Kuah ini tak dijumpai pada sete madura.

Berhubung baru pertama kali nyobain sate blora. Saya sedikit bingung gimana cara menggunakan kuah cabe ijo tersebut. Apakah dicelupkan atau dituangkan ke daging sate yang telah dikasih kecap. Atau kuah ijo tersebut dituangkan pada kuah lontong.

Daripada bertambah bingung, saya nyobain semua cara. Pertama dicelupin lalu dituangin ke daging sate dan lontongnya. Rasa kuah cabe ijo nya berbeda dangan cabe ijo yang pernah saya cicipi.

Untuk masalah harga, sate blora relatif sedikit lebih mahal daripada sate padang dan sate madura. Seporsi sate blora berharga 15.000 ribu rupiah. Sementara sate madura dan sate padang berada dibawah harga diatas. Malah beli sate padang bisa di nego atau bisa beli setengah.

Karena disepanjang jalan panam ini cuma satu warung yang jual sate blora, maka sudah sewajarnya harga di monopoli. Pernahkah sanak makan sate blora atau sate selain sate padang dan sate madura?

@garammanis

Iklan

27 thoughts on “Sate Blora

  1. Secara umum sate blora dan sate madura hampir sama. Bedanya terletak pada tambahan kuah cabe ijo di sate blora. Kuah ini tak dijumpai pada sete madura. –> sate blora yang asli tidak ada kuah cabe ijonya. Kuah ini mungkun akulturasi cita rasa dari Publakesuma (putra blora kelahiran sumatra. Hahaha……

    Sementara makannya dengan lontong tahu, yaitu lontong dengan bumbu sambel kacang dicampur tahu goreng di iris iris, ditambah toge rebus.

    Suka

  2. Harganya sama dengan harga sate di Banjar.
    Kalau di Banjar, Sate padag ada di RM Padang. Sate Madura ada di pinggri2 jalan. Sate madura dari ayam, kan?
    Aku belum pernah makan sate blora. 😆
    Koq ada kuahnya juga ya?
    Atau kuahnya untuk pilihan saja, untuk yang gak suka kacang bisa pakai kuah. 😆 #sok tau. 😛

    Suka

  3. Kuah cabe hijau memang khas daerah Cirebonan dan sekitarnya, Ajo.
    Dulu waktu saya mampir di Daerah Panam itu kok belum kelihatan ya? Dulu saya mampir deket yang mebel-mebel itu, lupa namanya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s