Ngepos via Hape

Mau Coto Makassar Malah Makan Mie Aceh

Cerita kali ini bukan perjalanan lintas kota. Melainkan sebuah kisah perjalanan berburu kuliner yang bukan dari daerah asalnya. Berburu kuliner Makasar di Pekanbaru, yaitu coto Makasar.

Meskipun belum pernah ke makasar, setidaknya bisa mencicipi masakan khas kota tersebut di kota lain. Namun kesempatan tersebut buyar hanya karena beberapa hal. Gak jadi deh nyobain yang namanya coto makasar.

Lalu, perburuan berlanjut ke menu yang lain. Berhubung di jalan Arifin pekanbaru gak ada pilihan makanan yang menarik, akhirnya singgah di warung Aceh dengan menu mie aceh nya. Pilihan jatuh pada mie aceh rebus. Kebetulan waktu itu hujan. Selera pun tertuju pada masakan panas yang berkuah, ya mie rebus aceh.

Disepanjang jalan Arifin ini cukup banyak yang jualan mie Aceh. Saking banyaknya saya sedikit bingung untuk singgah di warung yang mana. Bila kondisinya seperti itu, saya pun menggunakan teori sederhana yaitu singgah di warung yang banyak pengunjungnya. Artinya, tempat tersebut adalah tempat yang diminati khalayak ramai. Tentu rasanya mungkin lebih mendekati rasa enak karena disukai oleh publik. Kalau gak enak, paling harganya yang murah.

Tapi tak selamanya teori seperti itu berlaku. Sebab rasa enak itu ukurannya relatif. Pernah suatu ketika singgah di rumah makan yang ramai. Ternyata rasanya kurang enak. Parahnya harganya mahal pula. Untuk itu, teori tadi tidak berlaku disemua tempat

Begitu pula dengan mie aceh yang saya pesan tadi. Rasanya berada diantara tingkatan enak dan tidak. Lain hari bisa saja rasanya beranjak jadi enak dan bisa juga tidak enak. Tergantung suasana dan perasaan. Kecuali dalam kondisi lapar, semuanya akan terasa enak.

Nah, kala itu perut lagi lapar sementara hujan tak kunjung teduh. Tampak ada yang jualan coto makasar. Eh, tau-tau tempatanya lagi gak kondusif untuk disinggahi. Ya, akhirnya selera berlabuh ke mie Aceh. Batal lagi deh mencicipi coto makasar.

@garammanis

Iklan

18 thoughts on “Mau Coto Makassar Malah Makan Mie Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s