Ngepos via Hape

Makna Ibadah Kurban

Bagaimana memaknai ibadah kurban di hari raya Idul Adha? Mungkin jawabannya akan sangat beragam.

Namun masih banyak yang mengolok-olok ibadah kurban. Entah itu dalam bentuk lulucon yang terkadang tak lucu. Nasib kambing dan sapi menjadi bahan olok-olokan.

Tak apa, itulah dinamika kehidupan. Watak kebinatangan masih melekat dalam paradigma berpikir sebagian orang. Liat saja kekerasan dan hukum rimba yang terjadi dimana-mana. Bukankah hal seperti kekerasan tersebut merupakan sifat binatang yang terdapat pada diri manusia.[More]

Ibadah kurban menjadi episentrum bagi kita untuk meminggirkan sifat kebinatangan itu. Kita sadar bahwa manusia tak ubahnya seperti binatang yang dianugrahi akal. Untuk itu harus mengorbankan watak kebinatangan itu agar kita semakin dekat dengan Tuhan pencipta akal. Sehingga tak mudah dijumpai kekerasan, yang ada hanya kedamaian.

Selain itu ibadah kurban dapat dimaknai sebagai bentuk dan cara memilih pilihan terbaik. Keputusan Ibrahim membantai anaknya Ismail sesuai perintah Allah merupakan pilihan yang sulit. Kepatuhan Ibrahim kepada perintah Tuhan berakhir dengan digantikan posisi Ismail dengan hewan kurban.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menghadapi pilihan yang sulit. Bisa dikatakan hidup ini penuh dengan pilihan. Apa yang kita jalani hari ini merupakan pilihan di masa lalu. Tak semua pilihan itu menyenangkan, meskipun itu pilihan terbaik.

Melalui ibadah kurban ini kita dapat memahami bahwa apapun pilihan yang kita ambil dalam hidup ini merupakan kehendak Tuhan yang terbaik untuk kita. Walau, kita merasakan itu bukan pilihan yang menyenangkan.

Bukan itu saja. Ibadah kurban menggambarkan kepada kita bahwa keserakahan itu suram dan berbagi itu indah. Dimanapun tidak ada peserta kurban menikmati daging kurban itu sendiri. Pastinya, mereka berbagi daging kepada orang lain.

Bagaimana sanak bloger memaknai ibadah kurban?
@garammanis

Iklan

7 thoughts on “Makna Ibadah Kurban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s