Gak Penting Yaa

Selamat Tinggal Zona Nyaman

Sumber Gambar : Copot dari google

Apa itu zona nyaman?

Postingan kali ini dengan terpaksa diawali dengan sebuah pertanyaan yang jawabannya bisa sangat beragam. Sebab ukuran nyaman menurut diri kita masing-masing sangat variatif. Nyaman menurut kita belum tentu nyaman menurut orang lain. Meskipun begitu, sejatinya ada sebuah nilai yang sama dan dianggap nyaman oleh orang banyak.

Suatu ketika saya pernah membaca jika sebuah perusahaan yang sudah mapan dan karyawannya sudah merasa hidup nyaman, maka perusahaan akan cendrung berjalan stagnan. Puas dengan hidup nyaman membuat orang-orang yang berada dalam perusahaan tersebut akan tidak produktif dan inovatif. Itu merupakan zona nyaman dalam kehidupan berkelompok. Bagaimana dengan kehidupan pribadi. 

Memang sih, siapa yang mau kenyamanannya diganggu. Tadinya dikasih fasilitas mobil untuk pergi ke kantor, sekarang malah disuruh jalan kaki. Tadinya dapat gaji 50 juta, sekarang buat beli bensin 5 ribu saja uang tidak cukup. Tadinya sedang enak-enak boker malah digedor sama orang, kesel khan?

Begitulah zona nyaman, nikmat yang kita rasakan dibatasi oleh kepuasan. Sehingga ada ketakutan yang menghantui untuk melepaskan kenikmatan itu. Zona nyaman membuat penghuninya tidak akan mau melepaskan rutinitas yang dijalani untuk melompat menggapai tantangan menuju ketidakpastian. 

Pepatah bilang hidup itu seperti roda berputar, kadang diatas dan kadang di bawah. Manakala roda kehidupan berada diatas mungkin bisa diterima, tapi jika ia sedang barada dibawah. Bisa nangis darah deh, kalo gak sabar nunggu naik lagi keatas. Apabila keluar dari zona nyaman, maka muncul ketakutan bila roda tersebut akan semakin cepat berputar ke bawah.

Motivator ulung sampai kelas teri seringkali membahas tentang zona nyaman ini. Bukan karena motivator tersebut saya termotivasi untuk bikin postingan ini. Motivasinya adalah saya sadar bahwa tidak selamanya zona nyaman itu terasa nyaman. Selamat tinggal zona nyaman.

Apakah sanak blogger merasa nyaman berada di zona nyaman?

Iklan

108 thoughts on “Selamat Tinggal Zona Nyaman

  1. di zona nyaman pun, masih ada aja yang kurang, tidak puas atau dikeluhkan. apalagi jika fasilitas dikurangi. mungkin kembali lagi kita harus belajar ikhlas dalam segala situasi. salam supri! hehe

    Suka

  2. betul sekali itu…
    makanya ada teman disini yang menolak panggilan kerja dari tambang minyak di timur tengah dengan gaji 16rb usd
    alasannya lumayan realistis walau menurutku sayang buat dilewatkan
    katanya dia takut kalo gaya hidupnya jadi berubah. padahal dia tak ingin selamanya disana
    kalo biasa dapat banyak kayak gitu, kemudian balik ke kampung dapat sedikit, dia yakin bakal stres
    hehe keren..

    Suka

      1. itu yang bikin aku salut. jarang jarang mau mikir panjang ke depan ketika ada kesempatan seperti itu. dia bisa mikir kontrak 2 tahun itu bisa merubah banyak pola hidupnya yang mungkin perlu waktu lebih panjang untuk recoverynya

        Suka

  3. Bener Jo, kemajuan berarti kalo gak bisa meninggalkan zona nyaman. Pernah mengambil keputusan untuk meninggalkan zona nyaman itu. Semoga cepet bisa melakukannya lagi.. 😀

    Suka

  4. saya pernah ada di zona nyaman pekerjaan, terus keluar dan memulai lagi perjuangan mencapai zona nyaman baru.. mungkin kalau sudah sampai di titik nyaman lagi saya akan keluar lagi dan mencoba tantangan baru 😀

    Suka

  5. kadang ngerasa nggak enak juga terus-terusan berada di zona nyaman. aku di kantor yang sekarang udah hampir 5 tahun. udah bosan setengah mati, tapi buat keluar mikirnya masih seribu kali. klo udah pasti dapat kerjaan baru kayaknya baru bakal ninggalin kerjaan yang sekarang 🙂

    Suka

    1. aku aja 7 taun bosen 😛
      trus 2 taun di zona ga nyaman
      skrg mo pindah ke zona nyaman lagi deh, tapi berjanji untuk tetap membuat diri kreatif deh… kalau sampek keterima 🙂
      *curcol detected 😛

      Suka

  6. kebetulan saat ini bunda sedang dalam proses utk meninggalkan yg namanya zona nyaman menuju pada yang lebih nyaman
    apaan tuh?
    rahasiaaaa …deh … hehehee 🙂
    salam

    Suka

      1. meninggalkan sesuatu yang menyenangkan di dunia, untuk menuju kesenangan yang sesungguhnya…

        Suka

  7. Kalau lagi di zona nyaman itu jangan sekedar dinikmati, tapi juga disyukuri. Biar tidak takut untuk meninggalkannya, dan tidak tenggelam dalam kenikmatannya 🙂

    Suka

  8. sudah ngerasain di atas juga di bawah
    apalagi di zona nyaman pastilah sudah
    selalunya klo pas di bawah ya pasti gak enak
    untungnya blom dan semoga tidak akan pernah sampai pada posisi yang melata *istilah saya bagi yang sedang tiarap*
    klo pun di bawah ya semoga Tuhan tetep kasih kemudahan untuk mengais rejeki sekedar buat makan, dan beli pulsa internet hehehe

    Suka

  9. kalo ane sih selalu memposisikan ane di posisi zona ngga nyaman. karena dengan itu ane terus termotivasi untuk jadi lebih baik. tapi tentunya harus dibarengi dengan rasa syukur agar hidup juga ngga makin stres. hehe :mrgreen:

    Suka

  10. Berani menikmati zona nyaman, berani pula meninggalkan zona nyaman dan memasuki zona yang lebih nyaman lagi sekaligus aman. selamat berjuang

    Suka

  11. saya ga tau sih zona saya ini nyaman atau ga, yg pasti ketika saya memasuki lingkungan baru yg berbeda, senantiasa berusaha buat mengubahnya menjadi senyaman mungkin buat saya 🙂

    Suka

  12. wah,baca ini jd keinget mantan SPG ku yg dlu dipromosikan leader.. dia mengangkat tema “zona nyaman” juga.. *trus siapa yg hrs blg WOW??* 😀

    Suka

  13. aku orangnya paling gak betah berlama-lama di satu zona, ketika muncul suatu tantangan aku akan merasa hidup lagi, tapi ketika semua aman nyaman dan tenang justru aku merasa tidak nyaman, dan berusaha mencari suatu yang baru yang lebih menantang.. hohohohh

    nyambung gak ya?

    salam sukses ajo, semangat ..

    Suka

  14. Untuk merasa nyaman … di zona nyaman …
    kita harus terus “beregerak” …
    karena menurut saya … zona nyaman itu selalu “bergerak”

    Salam saya Ajo

    Suka

  15. Supaya nyaman kita harus bisa menyikapi situasi dan mampu memberi inspirasi dimanapun tempatnya.Karena untuk menjadi nyaman itu harus bisa memberi sesuatu dan menerima sesuatu dari orang sekitar kita.

    Suka

  16. buat saya, zona nyaman tidak pernah ada. yang ada adalah rasa nyaman karena kita telah berbuat sesuatu yang terbaik.

    Suka

  17. kalau kerja kantoran dan gak berani buka usaha itu termasuk zona nyaman gak seh? Kalau aku seh sekarang belum berasa zona nyaman, soalnya apa yang aku inginkan belum tercapai seh, jadi masih perlu usaha keras deh 🙂

    Suka

  18. Kalau kita sedang berada di Zona Nyaman, justru kita tidak nyaman ..karena takut jika tiba-tinba kita harus meninggalkan Zona Nyaman ini. tapi jika kita tidakberada di Zona Nyaman, pilihannya ada dua.. kita semangat tinggi agar segera bisa masuk Zona Nyaman, atau kita justru berputus asa karena merasa tak mungkin bisa memasuki dunia nyaman itu he he

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s