Penting Gak Yaa

Batu(k)

Saya termasuk orang yang tidak mudah percaya dengan omongan orang. Mestinya omongan itu di kroscek dulu kebenaranya. Kadang sih ada yang langsung percaya saja, selama yang diomongin itu tidak subtansial. Jika sudah menyangkut pada hal yang penting, maka akan lebih penting jika kebenaran ucapan itu di kroscek dulu ke sumber yang lain.

Salah satu diantaranya adalah omongan orang yang bilang bahwa obat batuk alami itu adalah jeruk nipis dicampur pakai kecap. Apanya yang alami, wong kecap juga buatan pabrik yang setidaknya mengandung bahan kimia. Ya, gak percaya gitu deh bahwa jeruk nipis bareng kecap bisa nyembuhin batuk.

Sebelumnya yang saya tahu obat alami buat nyembuhin batuk itu jeruk nipis dicampur dengan madu. Nah permasalahnya adalah persedian madu asli di rumah kagak ada. Adanya cuma madu bajakan, itupun sudah membeku seperti es. Saat saya jemur dibawah matahari buat dicarikan si madu malah berwarna warni gitu. Mungkin sekarang lagi ngetren rainbow gitu ya, misal cake rainbow sampai ke madu rainbow.

Ada yang bilang madu tersebut gak asli yang sudah dicampur dengan gula. Makanya saat dibekukan dan dicairakan kembali tuh madu berubah warna menjadi bertingkat-tingkat gitu. Jadi takut juga minumnya. Sehingga beli madurasa sachet, itupun juga masih jenis madu bajakan ala pabrik.

Pas mau dicampur, eh malah jeruk nipisnya yang kagak ada. Terpaksa cuma minum madu doank buat ngatasi batuk. Ternyata gak mempan sodara-sodara. padahal sebelumnya udah habis obat batuk dua ember buat nyuruh si batuk ini diam. Kagak juga diem-diam, malah makin membandel.

Mendengarkan suara batuk saya yang udah kayak suara bedukan, banyak yang bersimpati. Banyak diantara mereka menganjurkan saya buat minum jeruk nipis di campur kecap. Kapan perlu minum tiap jam supaya batuk yang membandel cepat teratasi. Karena udah banyak yang ngasih rekomendasi minum jeruk nipis campur kecap, ya barulah saya mulai percaya omongan orang sebelumnya jika obat batuk yang alami itu jeruk nipis campur kecap.

Sampai-sampai saya maksa keponakan buat beliin jeruk nipis diwarung. Parahnya, saya malah lupa sekalian nitip kecap. Akhirnya saya juga yang ke warung buat beli kecap. Bukannya saya alergi pergi ke warung ya, takut nemu anak-anak kemaren yang nangis liatin saya di warung.

Kata orang minum jeruk nipis bareng kecap itu tiga kali sehari. Kapan perlu minum setiap tiga jam. Mungkin udah bawaan bandel minum obat, ya saya cuma minum sekali sehari. Itupun dipaksain sebab rasa jeruk nipis campur itu dijamin gak enak, malah bikin gigi ngilu. Saya lebih suka jeruk nipis dicampur madu, sayang madu asli susah amat nyarinya. Sesusah nyari istri secantik bidadari kali ya.

Mungkin sanak bloger punya cara atau obat-obat alami untuk meredakan batuk baik berdahak maupun tidak berdahak.?

Iklan

62 thoughts on “Batu(k)

  1. masalah pengobatan, kadang unsur sugesti lebih dominan daripada kandungan obatnya
    mungkin benar, kepercayaan itu bisa membangkitkan semangat hidup sehingga sel tubuh menjadi kuat dan mampu melawan penyakit
    contohnya di kampung ada tetangga yang ngaku ga bisa apa-apa, tapi orang lain begitu percaya dan suka minta air putih untuk obat
    percaya ga percaya bila ternyata banyak yang sembuh…

    Suka

      1. kira kira begitu, sob…
        soalnya ada temen yang fanatik dengan obat tertentu. minum obat merk lain ga bakalan mau. katanya ga bisa sembuh. padahal komposisinya sama. paracetamol 500mg

        Suka

  2. iya saya juga suka dianjurin minum jeruk nipis sama kecap. saya sih percaya aja karena yang bilang orangtua. tapi kalo obat pabrikan, obat “engkong nidin” lumayan ampuh juga tuh walau bikin ngantuk.

    Suka

      1. Jintan hitam. Cuma sekarang karena sudah modern, sudah dibuat dalam bentuk kapsul (kapsul minyak atau kapsul serbuk). InsyaAllah, sembuh.

        Ada dua obat yang dianjurkan Nabi Muhammad saw. untuk kita konsumsi, pertama madu dan kedua habbatussauda πŸ™‚

        Suka

  3. Bicara pengobatan untuk penyakit batuk itu tergantung kecocokan bagi setiap individunya. Yang penting bisa merasa aman dan nyaman dalam proses pengobatannya.

    Sukses selalu

    Salam Wisata,

    Suka

  4. hahahaha saya mah klo batuk diantepin aja, gak mo repot
    paling yg repot yg kiri kanan karena gerah denger suara batukku
    cumaaaan klo sampe gak kelar2 jg batuknya baru deh cari2 obat batuk
    coba deh obat batuk anak dan ibu — insya Allah manjur πŸ˜€

    Suka

  5. apalagi kalao punya penyakit maag susah minum jeruk nipis da ajo,,,bisa perih perutnya..
    sabar aja uda ajo,,ntar juga sembuh sendiri..hehe
    banyak2 se minum aia putiah

    Suka

  6. aku malesan minum obat.. biasanya kalau batuk aku biarin..
    pas mau nikah kemarin pun udah dibeliin obat batuk segala sama mertua, tetep aja males minumnya.. hahahah

    Suka

  7. kalo jaman dulu kecap masih alami,prosesnya juga alami,..cuma karena diproses melalui tangan manusia aja kesannya jd g alami.beli kecap yg jaman dulu aja,yg mana saya jg g tw,hehee…
    semoga cepeat sembuh agar ketenangan di bumi segera kembali #eh :mrgreen:

    Suka

  8. ada yg bilang memang kencur diparut, diperas trus airnya diminum, tapi memang rasanya aneh2 gitu… yah, daripada mesti nelen biji kedondong buat ngilangin gatel tenggorokan.. ahay.. *maap..just guyon..*

    Suka

  9. Jadi banyak dapet alternstif obat batuk di sinj Jo. Makasih postingannya kalo gitu.
    Kalo saya sih minum obat batuk standar, banyakin minum air sama di bagian tulang belikat di punggung dipijitin Jo. Trus banyak istirahat. Biasanya sih sembuh.
    Semoga cepet nemu obat yang cocok ya Jo. πŸ™‚

    Suka

  10. saya biasanya minum jeruk nipis campur madu atau air perasan kencur yang diparut … tapi pernah juga batuk lama nggak sembuh2 meski sudah minum obat itu. Setelah diperiksa ternyata ada virus. Kata dokternya nanti akan sembuh sendiri kalau stamina tubuh membaik. Dan memang batuknya sembuh sendiri, tapi lamaaaa … πŸ™‚

    Suka

  11. Selain jeruk nipis pakai kecap, saya gak punya resep lain Jo. Tp kalau sdh mbandel gitu ada baiknya diperiksakan ke dokter. penyababnya mungkin bukan sekedar kuman batuk tp juga alergi..

    Suka

  12. kemarin ini, sebetulnya sih sudah 2 minggu yang lalu, bunda juga batuk yg sangat tidak enak, sampai gak bisa keluarkan suara
    alhamdulillah, minum antibiotik dan juga minum jeruk nipis hangat , si batuk akhirnya memang berhasil hengkang πŸ™‚
    salam

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s