Gak Penting Yaa · Opini

Blog Berbayar Bikin Jabatan Turun.

Sejak bermigrasi dari lahan kosong ke rumah baru. Tampak banyak sekali perubahan. Paling utama itu adalah perubahan semangat ngeblog untuk selalu menulis. Semoga semangat ini tetap konsisten, ya Tuhan. 

Namun, ada beberapa perubahan lain yang bukannya meningkat tapi malah menurun. Satu diantara penurunan itu adalah pagerank turun peringkat. Bagi para sanak blogger tentu sudah tidak asing dengan istilah pagerank ini. Entah untuk apa gunanya yang jelas pagerank ini menentukan peringkat blog kita dimata mesin pencari atau sejenisnya.

Blog yang dimanfaatkan untuk kepentingan komersil tentu peringkat pagerank merupakan sesuatu yang sangat penting meningkatkan pemasukan. Sementara blog non komersil, sepertinya tidak terlalu penting tapi sangat dibutuhkan untuk bisa lolos seleksi dari belantara mesin pencari google.

Pagerank turun menjadi angka 0

Siapa yang tidak mau menduduki posisi nomor satu. Sekarang aja kursi nomor satu jakarta sedang diperebutkan oleh Jokowi dan Foke. Bentar lagi di tahun 2014 kursi nomor satu di Indonesia yang bakal diperebutkan. Sementara, kita yang masyarakat maya ini hanya bisa berebut kursi nomor satu di mesin pencari google. Untuk itu ada rumus yang katanya dapat mengatar sanak semua duduk disinggasana google, yaitu Search Engine Optimization (SEO). Makhluk apalagi ini?

Sah-sah saja jikalau kita berebut kekuasaan, walau itu hanya di ranah mesin pencari google. Kita hanya manusia biasa yang merupakan makhluk politik. Jadi wajar saja banyak yang berharap jika pagerank blog mereka memupunyai nilai yang tinggi. Itu termasuk saya lho.

Kenyataan berkata lain, setelah berpindah ke domain sendiri pagerank malah turun ke derajat terendah. Dari awalnya 3 turun ke 2 dan sekarang berkutat di angka 0. Saya berasumsi penurunan ini merupakan suatu keharusan karena backlink domain baru ini mungkin berbeda perhitungannya dengan domain lama.

Siapa yang peduli?. Roh sebuah blog itu bukan terletak di peringkat atau pagerank. Roh blog adalah konten. Konten yang baik adalah berisi tulisan atau imajinasi yang positif dan bermanfaat bagi orang banyak serta diri sendiri. Apabila konten yang dihasilkan bermanfaat, maka dengan sendirinya hukum alam google akan menaikan derjat blog sanak ke tingkat yang lebih tinggi.

Jadi, bagaimana dengan sanak blogger? Apakah ki sanak peduli dengan pagerank tersebut?

Iklan

87 thoughts on “Blog Berbayar Bikin Jabatan Turun.

  1. Ga apa-apa lah bro..
    Blog saya saja (domain:hprory.com) sudah berumur dua tahun, tapi pageranknya tetap 0, hehe..
    Pagerank saya abaikan saja, saya tidak ambil pusing jika pagerank naik atau pun turun.
    Yang penting semangat menulis tetap naik dan tidak boleh turun, 🙂

    Suka

  2. tiap blogger punya prioritas sendiri soal pagerank dan seo. ada yang menganggap seo itu sangat penting (karena menantang atau bisa menghasilkan uang/dolar), ada yang lebih suka menulis ketimbang mikirin trafik atau seo. saya sendiri tetep mikirin trafik walau gak intens menjalankan praktek-praktek seo. kadang kalo ada tulisan saya yang saya anggap layak dibaca semua orang, saya bagikan di social bookmark.

    Suka

  3. hmmm rumah baru lo uda ajo mah…dak baundang2 bagai manaiakan rumah 😛
    kalau menurut izzawa :mrgreen: PR tu bisa dijadikan sebagai penyemangat kita untuk menulis uda ajo….

    Suka

  4. Kalo ane sih kurang peduli dengan hal tersebut uda. Cuma di beberapa postingan tertentu ane suka konsen di SEO tekniknya. Tapi itupun paling satu bulan sekali ane menggunakannya karena tuntutan hehe

    Suka

  5. pagerank memang penting, tapi ada yg lebih penting yaitu content. setuju ma ente sob, yg penting content berkualitas mbah google pasti lirik. hehe 😀

    Suka

  6. Hai Ajo, saya mau nanya dong ketika pindah ke rumah baru, apakah otomatis tulisan2mu di rumah lama akan pindah ke rumah baru?. Atau rumah lama masih aktif juga?

    Pagerank saya juga masih manteng di posisi 1 padahal total klikknya sdh 100rb an sekian. Saya ga terlalu pikirkanlah pagerank, yg penting byk yg bersedia mengunjungi blog saya :D.

    Suka

    1. Iya mbak, tulisan yang ada di blog lama akan otomatis pindah semuanya, yang beda cuma nama domain aja berganti menjadi yang baru. Itulah enaknya beli di wordpress.com dari pada beli diluar. kita gak perlu ribet buat mindahin tulisan yang lama. cukup bayar pakai kartu kredit aja dan gak perlu pusing dengan bahasa programer gitu dan panggil orang pintar buat ngurusin rumah baru, cuma kalo disini susah untuk ngedapatin kartu kredit…

      Semantara alamat blog yang lama masih tetap aktif, sebab alamat lama akan meredirect ke alamat blog yang baru.. jadi blog kita yang lama masih bisa diakses dengan otomatis ngelink ke alamat yang baru..

      Suka

    1. sayapun juga belum terlalu paham fanny, coba klik link pagrank yang menuju wikipedia diatas.. mungkin akan lebih jelas… sederhananya sih pagerank itu salah satu fitur utama mesin pencari google yang menentukan popular atau tidaknya postingan atau blog kita.. jika popular maka otomatis mesin pencari akan meletakan di halaman yang paling atas.. Jika pageranknya 0 maka posisi postingan kita dimata mesin pencari akan semakin rendah dibandingan dengan posisi postingan lain yang pegaranknya tinggi… kayaknya seperti itu, CMIIW

      Suka

  7. saya baru saja mengecek pr blog saya setelah menggunakan domain name sendiri: jarwadi.me; sebelumnya jarwadi.wordpress.com. sekarang pr jadi 0 padahal dulunya 2 hehe

    Suka

  8. he he aku hanya suka nulis saja. untuk pagerank satu aku dapatkan blog pertamaku dan ini aku hapus. blogku sekarang ini kubebaskan yg namanya pagerank dan alexa he he gak tahu kegunaanya tuk apa? suatu saat kali ya akan kukejar pagerank.

    Suka

  9. Nahh,. sama nih. Semenjak ganti domain juga pagerank si popcorn turun, dari dua ke nol. Katanya sii bisa balik lagi dalam beberapa bulan kedepan. Tapi gak tau juga ya bener ato gak.

    Saya bukan termasuk orang yg terlalu mementingkan SEO, tapi rasanya seneng aja gitu, kalo kita mengetik satu kata, lalu ada blog kita di halaman pertama mesin pencari google. (halaman pertama lho ya, bukan paling atas. itu saja senengnya sudah minta ampun. Hehehe)

    Suka

  10. saya tuh sejujurnya baru tahu tuh istilah page rank dan lain lain yang berhubungan dengan SEO. Dan saya tuh buta sama sekali dan tidak tahu bagaimana cara mendapatkanya… jadi gimana bisa peduli ya. hehehe

    Tentunya seneng juga bisa punya pagerank bagus… tapi lebih lega kalau selesai nulis satu artikel dan di post dengan baik.

    Suka

  11. halah, udah lah uda, jangan dipikirin, tapi pastinya kepikiran kan??? heheheee…

    lanjutkan mas, ambil kembali PR yang telah hilang, kalo perlu tingkatkan ampe !10 heheee…

    Uda, saya kok daftar di salingsilang kok susah banget ya???

    Suka

  12. melihat komentar seramai ini… seperti tak akan lama akan kembali seperti semula lagi page rank nya……. semangatttttt

    Suka

      1. mohon doanya ya buat blog kuh yang masih sepi hhahahahahaaaaaaa….

        followernya aza baru duah ekor.. xixixixii

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s