Gak Penting Yaa

Menua Bersama Penderitaan

Hampir tiap sore bapak tua berjenggot putih itu lewat depan rumah dengan bersepeda. Tak pernah ketinggalan dipundaknya sepucuk senapan angin yang panjangnya seperti tali beruk. Entah darimana bapak itu, hampir tiap hari ia berkeliaran dengan sepeda ontel sambil mengokang senjata.

Suatu hari disebuah lapau, aku bertemu dengan bapak tua itu. Tapi, lupa menanyakan nama dan kemana saja ia tiap sore. Ahh, bodoh kali aku ini yang membiarkan rasa penasaran gentayang dalam pikiranku. Aku hanya bisa menduga bahwa pak tua berjenggot putih itu pergi berburu.

Di lapau yang sama ada pula beberapa pria yang mungkin tak kalah tua dengan pak tua berjenggot putih tadi. Ada yang lagi lahap makan siang, ada yang terpana menonton televisi. Kebetulan disitu ada seorang nenek tua yang tengah asik bercengkrama di palanta lapau.

Meskipun tua, ingatan mereka belum memudar. Penyakit alzheimer belum berkenan untuk mampir. Masih beruntunglah mereka yang masih memiliki keluarga di hari tua. Sedari muda rajin menanam modal, terutama “modal” yang bernama keluarga.

Sementara diluar sana banyak para lansia yang ditinggal keluarga, jika bernasib baik mereka dapat ditampung di panti jompo. Tak sedikit pula yang hidup sebatang kara dan masih merajut peluh untuk menyambung hidup di masa tua. Tidak ada kata pensiun, mereka menua bersama penderitaan.

Jika diberi kesempatan hidup sampai tua, seperti apa harapan narablog dimasa tua? Apa aktifitas yang akan narablog lakukukan dimasa tua itu?

Iklan

25 thoughts on “Menua Bersama Penderitaan

  1. semoga, ketika tua nanti, saya tetap bisa bermanfaat.
    atau setidaknya, tidak terlalu membebani keluarga -nantinya.
    semoga, tua nanti, saya cukup sehat untuk mengurus saya sendiri. aamiin.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s