Gak Penting Yaa

Pengen [dot]com yang kayak begitu-an

Tidak ada yang peduli denga domain gustiram.li

Bukan bermaksud iri takkala melihat satu persatu teman bloger berpindah hati menuju domain sendiri. Awalnya numpang di wordpress.com atau blogspot.com, sekarang sudah punya [dot] com sendiri. Banyak manfaat yang diperoleh jika sudah punya rumah sendiri. Sensasinya jauh lebih berbeda dari padang ngontrak di rumah milik bersama seperti wordpress.com, blogspot.com, tumblr.com dan lain-lainnya.

Atas nama belajar, saya pernah mempunyai domain [dot]com begitu-an. Awalnya ribet dan menguras energi, terutama energi kantong yang semakin menipis. Keribetan mulai terurai, tapi dompet tak mau diajak kompromi karena saat itu masih berstatus pelajar yang hidupΒ  pas-pasan. Sempat punya rumah sendiri, setahun kemudian terusir dan kembali ke lahan kosong ini karena si dompet itu.

Lahan kosong kosong ini bukan sekedar pelarian, keberadaanya adalah sebuah komitmen dalam diri untuk selalu ingat dengan yang namanya menulis.

Kini, rasa rindu punya rumah sendiri kembali singgah di hati. Ketika ada sedikit rezeki, terbesitlah untuk beli rumah sendiri berupa [dot]com begitu-an. Ada semacam kebingungan. Bingunganya bukan dalam hal pemilihan nama domain saja, ada yang lain.

Hasrat pengen punya domain [dot]li dari negara Liechtenstein. Sayang harganya selangit dan lagi-lagi tak sesuai dengan kantong. Akhirnya saya coba untuk menghibur diri dengan berujar “daripada menuruti hasrat, mendingan beli sesuai kebutuhan”.

Lantas, yang kemudian menjadi pertanyaan apakah saya benar-benar butuh dengan [dot]com begitu-an? Jika iya, apakah sebaiknya upgrade langsung dari wordpress.com atau mulai membangun dari awal dan export segala aktifitas di lahan kosong ini.

Bila upgrade langsung di wordpress.com maka butuh kartu kredit atau setidaknya bayar pakai paypal. Sementara bangun [dot]com dari awal cukup transfer uang ke jasa penyedia layanan hosting dan domain, dan jadi dengan sekejap tanpa perlu urus kartu kredit atau ngotak-atik paypal.

Mungkin para master dan senior di dunia perblogan bisa memberikan masukan dan petunjuk jalan pada hamba yang sedang bingung ini.!!!

Iklan

59 thoughts on “Pengen [dot]com yang kayak begitu-an

  1. sering pengen punya dotcom. jika saya mau beli domain sendiri, ya pastinya yang lokal, biar nggak ribet pake paypal. tapi kalo dipikir saya nggak punya motivasi yang kuat untuk beli domain sendiri. kecuali mau me-monetisasi blog. walau pastinya ada banyak keuntungan kalo punya domain sendiri. selain trafik yang lebih tinggi, bisa membangun personal branding, dan itu tadi, monetitsasi. wah bisa jadi ide postingan nih. hehe.

    Suka

  2. Ngeblog aja aku masih belajar ku hitung baru 26 hari πŸ™‚
    Ga bisa Comment ah Tapi..
    Menurutku punya rumah 2 kan bisa nginepnya gantian
    Kalo dah jenuh di rumah satu , baru di rumah yang lain lagi apalagi kalo rumah yang satunya menghasilkan ????

    Suka

  3. Sebaiknya membuat blog baru mas. Blog lama dijadikan baxk-up untuk blog baru.
    Carilah nama domain yang layak dan laris jual, maksud saya menarik visitor. Kalau nama domain galaugalau.com kan gimana gitzuuu.
    Domain dot com sih hanya sekitar 13$ di godaddy.com, yang agak berat kan sewa hostingnya, bisa sekitar 15-18$/setahun.

    Blog lama bisa memberi backlink kepada bl;og baru, jangan dimatikan atau di export ke blog baru.

    Salam hangat dari Surabaya

    Suka

    1. pertimbangan yang bagus mas, nama domain juga ikut menentukan tanpa meninggalkan blog yg lama. lagian bayar pakai paypalnya ribet karena gak punya kartu kredit… hiks hiks
      Salam dari ranah minang

      Suka

  4. Keren juga kalau punya situs dengan nama unik, seperti gustiram.li
    Kayak punya mas Kuncoro, kun.co.ro
    Soal teknis saya tak banyak tahu, tapi domain sendiri memang punya sensasi tersendiri..

    Suka

      1. saya benar2 baru gan.
        jadi punya banyak pertanyaan mengenai perblogan.. salah satunya benarkah dari ngeblog kita bisa menghasilkan uang ? kalau iya, caranya bagaimana ?
        hehe maaf malah jadi bertanya…

        Suka

  5. Saya punya beberapa akun blog (wordpress dan blogspot), dan juga punya domain pribadi di http://yoriyuliandra.com *ini kok ada promosi terselubung *psst… :mrgreen: Bagaimanapun, saya tetap menganggap blog gratisan di wordpress sebagai rumah blogging yang paling utama. Komunitas adalah hal utama yang paling saya apresiasi dari blogging di wordpress.com.

    Bagaimanapun, punya domain pribadi emang punya sensasi tersendiri, apalagi kalau kita bisa otak-atik bahasa php, html, bisa flash, action script. Bikin ketagihan…. Tapi, lagi-lagi, ruhnya blogging adalah tulisan

    Happy blogging πŸ˜‰

    Suka

  6. Daripada menurut keinginan untuk “gengsi”, lebih baik masih numpang di WP. Gue sendiri lebih melihat kgunaan blog saya, dan scara filosofisnya daripada harus membuat doamin snd\endiri. tak salah memang asal bisa terus up date.
    sala 2pai 😎

    Suka

  7. mending di sini aja bro, ga ribet..
    kendala di domain sendiri, kalau tulisannya udah banyak, ngurusnya jadi ribet. (harus sering backup, update wp, update plugin, merawat database, merawat kalo ada script plugin yang udah jadul, dll).

    saya pernah mencoba pindah dari domain sendiri ke wordpress.com, tapi waktu itu tulisan saya sudah 500-an, yang bisa diimpor ke wordpress.com cuma 250-an.

    karena sayang kalau setengah tulisan saya hilang, akhirnya saya terpaksa menetap balik ke domain sendiri, huhu…

    Suka

  8. awak pun pengen punya domain sendiri. tapi berhubung masih awam, kok kayaknya ribet. belum lagi pernah baca tulisan sahabat blogger yang blognya kena hack gara2 ada celah. makanya itu karena belum terlalu ngerti, biarlah bertahan dengan yang gratisan πŸ™‚

    Suka

  9. aku juga pernah punya irniirmayani.com.. dan ribet ngurusnya.. bandwith nya kurang lah, sering down lah.. aahh pokoknya aku jadi gak suka deh..

    sekarang pengen lagi seh, tapi langsung dari wp.com aja klo emang jadi,, soalnya trafik kita gak akan ‘lari’ dan gak susah ngutak atiknya lagi πŸ˜€

    Suka

  10. kok komen aku ilang yak 😦

    intinya kalau aku mau upgrade dr wp.com aja deh.. lebih gampang dan trafiknya gak berubah. DUlu pernah punya .com tapi ribet euy ngurusnya,, bandwithnya suka habis ditengah bulan >.<

    Suka

    1. komennya masuk ke spam… karena faktor bandwit itulah jadi kekuarangan kalau hosting di luar.. enaknya langsung di wordpress aja.. selain trafik gak hilang, dan gak perlu ribet ngurusnya.. cuma bagi saya yang ribet itu buat bayarnnya, soalanya mesti punyak kartu kredit… pernah pengen coba daftar paypal dan beli kartu kredit virtua (VCC) tapi takut kena tipu sm yg jual vcc.. Jika mbak niee punya kartu kredit, mungkin saya boleh nyebeng dan bayar nye ke mbak aja… hehehehehehehh

      Suka

  11. Abang sepupu saya adalah seorang programmer yang saat ini sedang kuliah S2 di IPB. Beliau pernah berjanji akan membuatkan (dot) com untuk saya. Saya senang bukan main. Namun, karena beliau semakin sibuk, jadinya (dot) com saya belum selesai-selesai. Baru setengah.

    Saya kecewa. Tapi abang saya bilang, wordpress itu juga bagus. Orang yang benar-benar mau menulis memang tepat nge-blog di wordpress. Yang penting bukan ‘rumah’nya, tetapi semangat menulisnya itu, begitu beliau bilang. Saya mengiyakan dan berhenti kecewa. Semakin termotivasi menulis πŸ™‚

    Akhirnya sekarang saya enjoy saja di wordpress. Entah bila nanti punya (dot) com sendiri. Itu cerita nanti. Yang penting sekarang saya bahagia di Pena Risma πŸ™‚

    Suka

  12. Kenapa Ajo pengen domain [dot]li dari negara Liechtenstein?
    Dulu saya punya domain sendiri, ditahun kedua entah kemana teman yg telah membuatkan domain saya tsb, tidak bisa dihubungi, pdhl tiap tahun harus bayar domainnya, untung saya ada backup semua ditulisan di komputer, jd ketika domainnya expired saya paling tidak masih bisa posting beberapa ke WP gratisan..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s