Ngepos via Hape

Cegukan Saat Berpuasa

Bukan lapar dan haus yang menyiksa saat menjalani puasa. Bukan pula karena badan lemes ataupun capek. Satu hal yang sangat menyiksa adalah cegukan.

Menurut kamus bahasa Indonesia cegukan berasal dari kata ceguk yang berarti “tiruan bunyi “guk” karena udara di kerongkongan tersendat (seperti jika habis makan makanan kering, lalu tidak minum sehingga udara di kerongkongan tersendat-sendat keluar)” Secara terminologi cegukan disebabkan oleh kurangnya minum sehingga udara yang keluar di kerongkongan tidak berjalan sempurna. Padahal saat sahur tadi sudah minum air putih dua gelas. Ditambah minum dua gelas lagi saat minum obat. Jadi sudah minum empat gelas.

Entah kenapa, jam 8 pagi si cegukan ini menyerang diriku. Sungguh sangat menyiksa. Kalau minum air pagi itu otomatis puasa batal. Untuk itu aku coba dulu untuk menarik nafas dalam-dalam dari hidung dan mengeluarkan pelan-pelan lewat mulut. Pola pernafasan tersebut aku ulang berkali-kali. Ternyata cara tersebut berhasil mengusir cegukan yang ku alami.

Hampir saja puasa ku batal. Jika tidak bisa juga dengan cara pernafasan seperti itu, rencananya aku akan mencoba dengan tidur. Sebab dulu sebelum bulan ramadhan pernah cegukan, setelah minum air tak kunjung sembuh lalu aku tidur. Eh setelah bangun tidur gak cegukan lagi. Berhubung sedang ada kerjaan, maka gak bisa tidur. Untung bisa cara pertama manjur sehingga tak jadi tidur saat jam kerja.

Ujian dari Tuhan tidak sampai disitu. Sorenya si cegukan datang lagi. Azan magrib belum berkumandang, sirine berbuka belum berbunyi tapi cegukan datang lagi. Cegukan sungguh menyiksa selama dua jam sebelum waktu berbuka tiba. Pengen rasanya neguk air sebanyak-banyaknya biar gak cegukan ini sirna.

Godaan buat minum terpaksa dibuang jauh-jauh. Waktu puasa tinggal sebentar lagi, sayangkan puasanya dibatalin. Adakah kiranya sahabat bloger yang tau cara mengatasi cegukan tanpa harus minum air?

Iklan

14 thoughts on “Cegukan Saat Berpuasa

  1. Iya Bang…
    Biasanya kalau cegukan kan obatnya minum air ya…
    Tapi karena puasa, maka cuma dibiarkan saja.
    Ada satu tips turun temurun, bahwa kalau cegukan, bisa dihentikan dengan tahan nafas sebentar…

    Suka

  2. Kemarin bayi saya cegukan terus sehabis minum ASI, jadi saya membayangkan gimana kalau puasa pas cegukan sampai ketemu postingan ini.
    Tahan nafas memang jalan satu-satunya agar di lambung keluar..

    Suka

  3. baru tau dengan menarik nafas dalam-dalam dari hidung dan mengeluarkan pelan-pelan lewat mulut. ampuh untuk cegukan.. Terimakasih ilmunya ,, sangat bermanfaat

    Suka

  4. hehhee.. bundo tau rasanya Jo, pasti menyebalkan sekali..
    biasanya dengan tahan napas agak lama bisa menghilangkan cegukan.. ada yg bilang dengan menelan gula pasir, ini belum pernah bundo lakukan.. tapi bisa jadi ampuh nih buat ajo.. #tapi kan lagi puasa ya.. 😛

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s