Opini

Apa makna bulan ramadhan bagi kita?

Apa makna bulan ramadhan bagi kita?

Sebuah pertanyaan besar yang mempunyai seribu jawaban bagi setiap muslim. Ramadhan merupakan salah satu bulan dalam kelender hijriah yang memiliki nilai ibadah yang tinggi. Puasa yang diwajibkan dalam rukun Islam dilaksanakan pada bulan tersebut.

Kita yang hidup di negara mayoritas muslim merasakan ramadhan sebagai bulan yang berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Apalagi diperkaya dengan aspek budaya yang berbeda di setiap negara mayoritas penduduk muslim. Misal, di Indonesia ada yang namanya budaya mudik. Sementara di negara semenanjung arab sana tidak ada tradisi semacam ini.

Satu hal yang mungkin kita sepakat adalah bulan ramadhan adalah bulan yang berbeda dengan bulan lainnya. Di Pasar bertumpah ruah pedagang musiman yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Di televisi berjibun program tayangan yang mengusung tema ramadhan. Artis tiba-tiba bertobat dengan seketika di bulan ini saja. Bagi kaum papa mendapat berkah tersendiri karena para muzaki (donatur) mengeluarkan zakatnya. Bagi karyawan swasta akan menerima Tunjangan Hari Raya di penghujung Ramadhan.

Itu semua hanya segelintir manfaat dan perbedaan ramadhan dengan bulan lainnya jika dilihat dari kaca mata jasmaniah. Sementara dari sudut rohani, Ramadhan menyajikan segudang makna yang bisa menjadikan manusia lebih baik daripada sebelumnya.

Ramadhan adalah bulan untuk menguji keimanan kita. Iman bukan hanya sekedar keyakinan dalam hati. Iman selain diyakini dalam qalbu, mesti pula diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal ini terjadi, maka tidak akan ada lagi korupsi, tidak ada lagi kejahatan dan segala tindakan buruk lainnya. Rasanya memang mustahil, sebab banyak yang tidak mengaplikasikan apa yang diyakini dalam qalbu bahwa Tuhan Maha Esa dan Maha Mengetahui apa yang dikerjakan hambaNYA. Sayang para hamba-NYA tidak mampu melewati ujian keimannanya masing-masing.

Keimanan hanya salah satu sudut pandang saja. Banyak sudut pandang lainnya yang bisa kita pahami dan maknai secara masing-masing di bulan penuh berkah ini. Yang penting ramadhan adalah momentum yang tepat bagi kita manusia yang penuh dengan dosa ini untuk semakin dekat dengan NYA. Jangan menyantap “sarapan” jasmaniah saja, melainkan harus memuaskan hasrat rohaniah kita agar menjadi orang-orang yang bertaqwa.

15 thoughts on “Apa makna bulan ramadhan bagi kita?

  1. Jadikanlah bulan ramadhan ini menjadi bulan yang paling agung bagi kita semua ,,,,,, Semoga kita semua mendapatkan pahala ibadah pada bulan ramadhan ini ,,,,,,,,,,,,,,
    amieennn ……….!!!!!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s