Ngepos via Hape

Inilah kehidupan, kawan!!!

Aku mulai sadar, masalah yang sedang aku hadapi adalah implikasi dari doa ku beberapa waktu lalu. Tidak ada satu pun orang yang mau berdoa agar mendapatkan musibah. Termasuk aku. Waktu itu aku berdoa bukan untuk minta musibah, tapi hanya berharap supaya aku bisa menjadi manusia yang bertanggung jawab.

Kini, tanggung jawab itu berada di pundak ku yang berbentuk musibah. Ingin rasanya aku banting saja dan lari sekencang-kencangnya. Namun, aku khawatir suatu saat Tuhan tidak lagi menghiraukan doa ku lagi. Aku harus menghadapi musibah ini untuk mendewasakan diriku yang belum kunjung matang.

Masih terngiang dalam ingatan kebiasaan yang aku lakukan setahun lampau. Tepat di bulan ramadan tahun lalu, hanya satu kali aku menghadap Tuhan. Itu pun di malam terakhir. Dua hari lagi, aku bakal dikasih kesempatan lagi untuk menikmati ramadan di tahun ini. Nah, kesempatan ini adalah momentum bagiku untuk mempertanggung jawabkan sikap ku setahun yang lalu.

Siapa yang menanam benih, maka dialah yang menuai hasilnya. Pepatah ini sangat tepat sekali menggambarkan apa yang terjadi padaku. Benih yang ku tanam menghasilkan buah yang busuk. Buah busuk itu harus ku telan walau terasa pahit. “Inilah kehidupan, kawan“. Kata yang aku tujukan untuk menyemangati diriku sendiri. Asal jangan mengeluh saja kau.

Apapun yang kau lakukan, kelak akan diminta pertanggung jawabannya di alam sana. Jangankan perbuatan, hanya sebatas niat saja masih ada pertanggung jawabnya. Untuk apa lari dari tanggung jawab, jikalau suatu saat akan diminta kembali balasannya.

Iklan

8 thoughts on “Inilah kehidupan, kawan!!!

  1. sekedar tambahan, mas.

    Kata musibah berasal dari bahasa Arab, artinya sesuatu yang menimpa seseorang.
    Musibah, paling tidak ada dua macam: nikmat dan bala’. Dua musibah ini adalah sebentuk ujian.
    Tidak ada yang berdoa dapat musibah mungkin maksudnya dapat bala’. :p

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s