Ngepos via Hape

Pertikel tuhan, Indonesia Idol dan SNMPTN

Saat ini dunia sedang  digemparkan dengan ditemukannya pertikel tuhan oleh para ilmuawan yang tergabung dalam Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir (CERN). Sementara sebagian anak muda di Indonesia tengah terpana dengan kemenangan Regina sebagai Indonesia Idol 2012. Sebagian lainnya, para remaja tengah berupaya untuk berburu ujian masuk perguruan tinggi.

Ada yang tahu apa itu pertikel tuhan?

Jujur, dahi saya jadi berkerut untuk memahami apa itu pertikel tuhan yang merupakan istilah lain dari Higgs Boson yang ditemukan pertama kali oleh ilmuwan Inggris, Peter Higgs. Apalagi penjelasanya dengan bahasa fisika yang merupakan pelajaran yang menakutkan bagi saya sewaktu sekolah. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel yang berkaitan dengan pertikel tuhan atau bisa berkunjung disini.

Saya menangkap penemuan pertikel tuhan merupakan salah satu temuan terbesar umat manusia. Manfaat praktis dari temuan pertikel tuhan belum bisa kita nikmati sekarang. Temuan ini ibarat pertama kali ditemukannya listrik oleh Thomas dan teori relativitas oleh Einsten yang bermanfaat bagi manusia dikemudian hari. Meskipun demikian temuan pertikel tuhan merupakan pondasi penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Beruntung, Peter Higgs sebagai pencetus pertama teori Higgs Boson masih diberi kesempatan hidup untuk menyaksikan pembuktian dari teorinya. Saat pertama kali penemuan teori ini, proposal Peter Higgs sempat ditolak sebuah jurnal ilmiah ternama “Physics Letters”. Kegagalan itu tidak menghentikan langkah Higgs untuk mempublikasikan temuannya, sehingga ia membuat tulisan yang akhirnya dimuat di jurnal  “Physical Review Letters”. Yang patut dicatat disini adalah kegagalan bukan merupakan penghalang bagi Peter Higgs. Apalagi dengan para ilmuwan CERN yang mungkin beribu-ribu kali mengalami kegagalan sebelum menemukan pertikel tuhan tersebut.

Kegagalan tidak hanya pernah menghampiri Peter Higgs saja. Kita semua pernah mengalami kegagalan. Namun, cara kita menyikapi kegagalan itulah yang membadakan kita. Ada yang tetap jatuh saat kegagalan itu, tapi ada juga yang segera bangkit dan berjuang untuk tidak gagal lagi.

Perjuangan itu berlaku bagi Regina pemenang Indonesia Idol 2012. Ia tak pernah menyerah untuk meraih sukses di panggung Indonesia Idol. Ketidakmenyerahan tersebut terbukti ia perlihatkan dengan berkali-kali ikut audisi. Sudah 6 kali Regina mengikuti audisi Indonesia Idol. Keenam kali pula ia gagal maju ke babak berikutnya. Kini, dikali ketujuh Regina ikut audisi langsung ia memenangkan ajang pencarian bakat menyanyi ini.

Sementara itu, bagi adik-adik yang tidak lulus ujian SNMPTN tidak perlu kuatir. Sebab keberhasilan tidak terletak di kampus negeri saja. Sebab banyak kita saksikan bahwa orang-orang sukses tidak hanya kuliah dibawah kampus negeri saja. Tapi ada yang berkuliah di kampus swasta.

Ini menjadi bukti bagi kita semua bahwa kegagalan bukan penghalang untuk maju meraih sukses. Jadikan kegagalan sebagai momentum untuk memotivasi diri agar belajar menjadi lebih baik.

 

Iklan

10 thoughts on “Pertikel tuhan, Indonesia Idol dan SNMPTN

  1. Ah… aku baca artikelnya…. yg tentang partikel Tuhan… Oke sip buat kegagalan… krn dr kegagalan itu sebenarnya mental kita dipersiapkan untuk kesuksesan yg lain…

    Suka

  2. I will immediately snatch your rss as I can not to find your e-mail subscription link or e-newsletter service. Do you have any? Kindly allow me recognize in order that I may subscribe. Thanks.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s