Ngepos via Hape

Saatnya mengundurkan diri

Sedari awal saya berpikir bahwa tujuan utama dari bekerja bukanlah untuk mencari uang. Banyak orang yang bekerja hanya untuk mendapatkan uang. Uang menjadi alasan dasar kenapa orang bersusah payah untuk bekerja.

Sebagian orang berpendapat bahwa mereka bekerja untuk mencari pengalaman. Ada lagi yang bekerja karena alasan untuk ngumpulin modal. Entah itu untuk modal usaha, atau mungkin untuk modal nikah.

Beragam alasan yang memotivasi orang untuk bekerja. Sering kali saya mendengar banyak orang yang bekerja hanya untuk mendapatkan uang. Tak sedikit pula yang beralasan untuk menimba pengalaman, sebab pengalaman adalah guru yang sangat berharga. Makanya saat melamar kerja, pengalaman menjadi pertimbangan yang cukup penting.

Sebelum bekerja, saya berpikir bahwa motivasi utama bekerja bukan untuk mencari uang. Bukan pula untuk menimba pengalaman. Apalagi untuk ngumpulin modal. Motivasi utama adalah bagaimana kita bisa mengaktualisasikan diri.

Saya tidak menafikan uang, tidak pula memungkiri pengalaman, apalagi menghindar untuk ngumpulin modal. Semua itu cuma keringat dari bekerja. Ibaratnya bukan tujuan, tapi itu semua merupakan hasil kerja yang telah kita lakukan.

Dalam bekerja tentu kita sebagai manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kedua potensi inilah yang mesti diseimbangkan agar selaras dengan visi dan misi perusahaan atau tempat kita bekerja, dimanapun itu. Apapun namanya yang penting manusia dituntut untuk produktif.

Ketika tidak bisa lagi mengaktualisasikan diri meski masih produktif, maka saatnya saya untuk berhenti sampai disini. Kesalahan yang terjadi merupakan efek dari kekurangan diri saya sendiri. Saya mempertanggung jawabkannya. Sebagai bentuk pertanggung jawaban, maka dengan ini saya menyatakan untuk mengundurkan diri. Mungkin rezeki saya bukan lagi berada di tempat ini.

Iklan

14 thoughts on “Saatnya mengundurkan diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s