Gak Penting Yaa

Melawan Hati Nurani

Kami menyebut kelaparan dengan istilah bacakak jo kalang-kalang. Secara babas bacakak jo kalang-kalang berarti berkelahi dengan perut. Ketika perut belum diisi dengan makanan atau belum ada satupun yang dimakan maka biasanya perut akan berbunyi. Itulah yang disebut dengan bacakak jo kalang-kalang.

Bacakak jo kalang-kalang mungkin sudah biasa dan sering kali terjadi. Tapi, jika sudah bacakak jo nurani (berkelahi dengan hati nurani) itu baru menjadi sesuatu yang tidak biasa.

Nurani adalah modal dasar kita sebagai manusia. Tanpa nurani mungkin kita tak ubahnya seperti binatang. Nurani yang menentukan apakah manusia akan bertindak baik atau jahat.

Bagi saya biarlah bacakak jo kalang-kalang daripada bacakak jo nurani. Artinya, biarlah melawan rasa lapar dibandingakan dengan melakukan hal yang bertentangan dengan hati nurani.

Pernah suatu ketika mengerjakan sesuatu yang bertolak belakang dengan nurani. Rasanya sangat berat sekali, bahkan itu merupakan pekerjaan terberat yang pernah saya lakukan.

Di lain hari, pernah terjebak diantara keputusan sulit yang mesti diambil dengan waktu singkat. Sayang keputusan yang dipilih adalah keputusan yang bertentangan dengan hati nurani. Lagi-lagi kemelut dengan nurani kembali terjadi.

Sampai kapankah pergulatan dengan hati nurani ini akan berakhir? Ohh Tuhan, tunjukan kami jalan lurus yang Engkau Ridhoi.

Iklan

14 thoughts on “Melawan Hati Nurani

  1. β€œLet your heart guide you…it whispers so listen closely.”
    ― Walt Disney Company

    β€œListen very hard and follow your heart. Your heart is good. It’s your brain that gets you into trouble.”
    ― Kristen D. Randle

    Suka

  2. hati nurani ibarat air yg mengalir,sejalan,seirama dg arus yg dilalui..jika air tersebut arus keatas apa yg terjadi?begitu jg dg nurani..jk sdah bertentangan dg nurani..kt akan merasa gelisah,bersalah bahkan dlm melakukan aktvtas pun tdk nyaman…

    Suka

  3. i like this…
    harus hati2 juga sama nurani..karena nurani ga hanya bersumber dari Tuhan bisa saja bisikan Nurani juga dari bisikan setan…
    thats why akhirnya kita di suruh makin dekat sama Tuhan biar tau nurani yang bener…tulisan nya menginspirasi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s