Gak Penting Yaa

Karya yang terinspirasi dari kematian

Hidup dan mati berada di tangan tuhan. Kita tidak tahu kapan kematian datang menjemput. Sebab mati adalah rahasia Tuhan Yang Maha Agung. Setiap makhluk hidup akan merasakan mati. Baik itu manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Semua akan merasakan mati.

Bagi sebagian orang, kematian adalah hal yang menakutkan. Tidak bagi mereka yang telah mempersiapkan kematiannya dengan rajin beribadah. Bagaimanapun, ketika waktunya telah tiba dan malaikat maut datang menjemput. Kematian tidak bisa dihindari sedetikpun.

Kematian terbukti ampuh membuat orang bersedih. Kematian dengan mudahnya membuat seseorang menangis. Dalam waktu sekejap, kematian bisa merenggut kebahagian. Disinilah titik indahnya kematian, tanpa disadari duka yang dialami merupakan petanda bahwa perjalanan manusia akan memasuki fase berikutnya, yakni fase eskatologi.

Meskipun demikian, kematian tidak membuat sebagian orang larut dalam duka. Terkadang kematian mampu menginspirasi mereka untuk berkarya. Menurut hemat saya, diantara karya-karya yang terinspirasi oleh kematian adalah sebagai berikut:

1. Film

Film yang diadopsi dari novel karya J. K. Rowling ini merupakan film fenomenal yang telah disaksikan jutaan pasang mata. Dibalik kesuksesan herry porter, tersiar kabar bahwa J. K. Rowling terinspirasi oleh kematian. Karena kematian ia menghasilakn karya yang membuat banyak orang bedecak kagum.

Saya dapat menangkap pesan kematian yang terkandung dalam film herry porter. Meski belum menonton semua film herry porter dan belum pernah membaca novel herry porter (belum baca karena gak sanggup beli, udah gak sanggup beli malah gak berusaha untuk minjam). Sehebat apapun ilmu sihir yang dimiliki, tatap saja kematian tidak bisa dihindari. Termasuk untuk tokoh voldemort dan herry porter sekalipun. Film Herry porter hanya salah satu contoh dari sekian karya film lainnya yang terinpirasi dari kematian, terutama dengan film berbau misteri.

Harry Potter
Harry Potter

2. Patung mayat

Pria yang satu ini sungguh keterlaluan. Disaat perajin lain membuat patung menggunakan media batu, kayu dan lilin. Ia malah membuat patung dari jasad manusia yang telah diawetkan. Ia adalah Gunther von Hagens seorang anatomis yang berkarya melalui jasad manusia yang diawetkan. Dari satu sisi, patung mayat ini dapat menjadi media pembelajaran untuk mengenal ilmu anatomi tubuh manusia. Tapi, disisi lain tindakan Gunther von Hagens mengawetkan mayat dengan beragam posisi dan bentuk. Meski diterpa kontrovesi, ia tetap berkarya bersama kematian.

Gunther von Hagens dan karyanya
Gunther von Hagens dan karyanya

3. Perajin Batu Nisan
Perajin kali ini berbeda dengan perajin patung mayat sebelumnya. Perajin yang menerima penghasilan dari kematian ini sering dijumpai disekitar kita. Apalagi kalau bukan perajin batu nisan. Karena ada yang mati baru ia bisa menjual batu nisan yang dibuatnya kepada ahli waris. Mana ada orang yang mau beli batu nisan disaat mereka masih hidup. Lagian, siapa yang tahu kapan kematian itu datang. Mungkin ada yang tertarik beli batu nisannya dari sekarang? Jika iya, silahkan datang perajin batu nisan terdekat.

Perajin Batu Nisan
Perajin Batu Nisan

4. Tempat kremasi
Di perkotaan, tempat kremasi merupakan ladang bisnis yang prospektif dan menguntungkan. Ketiadaan sarana dan kurangnya rasa sosial, membuat sebagian ahli waris memilih rumah kremasi sebagai tempat persinggahan setelah kematian. Segala tetek bengek pengurusan jenazah disediakan dengan lengkap, mulai dari mobil ambulan sampai ke peti mati.

Tempat Pembakaran Mayat
Tempat Pembakaran Mayat (Sumber Gambar : http://ngacir.com)

4. Pedagang bunga tabur dan perlengkapan ziarah

Kematian ternyata mampu menginpirasi orang untuk mewujudkan naluri bisnisnya dengan berdagang. Pedagang bunga tabur adalah salah satu mereka yang memanfaatkan kematian sebagai inspirasi untuk meraup rezeki. Pedagang bunga tabur dan perlengkapan ziarah ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional. Selain itu, saat musim ziarah pedagang bunga tabur seringkali dijumpai di dekat tempat pemakaman umum. Di sekitar kuburan, berjejer pedagang bunga tabur yang membantu memenuhi kebutuhan peziarah akan bunga. Saat musim ziarah inilah para pedagang bunga tersebut kebanjiran pembeli.

Pedagang Bunga Tabur (Sumber gambar : suaramerdeka.com)
Pedagang Bunga Tabur (Sumber gambar : suaramerdeka.com)
Iklan

24 thoughts on “Karya yang terinspirasi dari kematian

  1. Kematian membuat yang sudah menemuinya menjadi perjalanan baru selanjutnya, bagi yang lain sebuah karya dan berkah ya, tetap aja ada dua sisi yang terjadi.

    Suka

  2. Mas Ajo… commentku diabaikan saja ya… aku comment hal hal ga penting kok (^.^)
    pertama kalimat pertama yaitu tuhan pake huruf ‘t’ kecil jadi ditangan “tuhan” yang mana?
    kedua Herry porter itu film baru ya? atau itu maksudnya harry potter?
    hahaha kidding mas… aku lagi comment hal ga penting… salah ketik itu wajar dan dimaklumi… aku jg ga sempurna… (^.^) hehehe 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s