Gak Penting Yaa

Tak Pernah Paham Arti Uang

Satu hal sampai saat ini yang tidak pernah saya pahami adalah uang. Saya coba untuk membolak balik aneka buku, namun tak jua menemukan makna uang. Bahkan sampai dengan mendengar dan menghayati lagu H. Rhoma Irama yang berjudul uang. Tapi saya juga tak bisa paham. Entah kenapa dengan uang?

Sempat terpikir oleh saya bahwa derajat uang telah mengalahkan derajat manusia itu sendiri. Uang sudah menjadi tujuan. Uang seakan bisa membeli segalanya, termasuk membeli harga diri. Dari hal yang sepele seperti kencing harus mengeluarkan uang.Β  Sampai dengan urusan selangkang yang ternoda hanya gara-gara uang.

Tak pantas memang membandingkan antara uang dan Tuhan. Akan tetapi,Β  dalam kenyataannya uang sudah menjelma menjadi tuhan yang dipuja oleh para pengikutnya. Uang bukanlah segala-galanya, tapi uang dianggap bisa membeli segala-galanya.

Uang dapat memberikan kesenangan dan kepuasan hingga mencapai puncak klimaks. Uang menawarkan segala gemerlap yang dalam waktu sekejap memanjakan nafsu dalam diri manusia. Tidak punya uang air mata sangat mudah tercucur, dengan uang bibir begitu mudah menyunggingkan senyum. Memang uang bisa bikin senang, tapi mampukah uang bikin bahagia?

Entahlah!!!

Semenjak anak-anak sudah diajarkan bermain di kubangan uang. Ketika dewasa sibuk mencari uang. Bahkan ada yang sudah tua renta masih memikirkan uang di ujung usianya.

Banyak yang bersekolah dari sekolah dasar hingga kuliah hanya untuk bisa mendapatkan uang. Banyak yang bekerja hanya untuk mengharapkan uang. Tak sedikit yang rela banting tulang demi uang. Bahkan ada yang mengeksploitasi rasa iba manusia untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Apakah mereka bahagia?

Entahlah!!!

Mungkin ada yang bisa membantu saya untuk menemukan makna uang…

Iklan

26 thoughts on “Tak Pernah Paham Arti Uang

  1. tidak usah pusing mikirin makna uang
    tapi bagaimana uang yg ada jadi bermakna

    jangan sampai dibutakan oleh uang
    karna itu dekatkanlah diri pada Tuhan
    ——
    maaf ajo berkunjung dini hari pasti dah ngorok ya πŸ™‚

    Suka

  2. itu pula yang ada di benak saya sekarang… kenapa saya rela meninggalkan kota saya untuk pindah ke ibukota.. padahal di kota saya pun saya mempunyai penghasilan, tapi saya tinggalkan keluarga, mimpi saya, dan semua kenangan indah hanya untuk mengejar uang.. Dan sekarang saya lelah karenanya. Saya hanya ingin pulang…

    Suka

  3. bener nich bang saya juga sependapat, tak pernah memahami UANG – uang begitu berkuasa hingga untuk berkuasapun pake UANG

    uang uang ohh uang sungguh TERLALU hehehehe d(^o^”)

    Suka

  4. makna uang : sebuah keluarga di negeri yang “makmur” sudah tiga hari asap dapurnya ga ngepul, hari ke 4 ketemu uang, maknanya bagi mereka, bakal bisa makan hari ini :D.

    Suka

  5. jadi teringat quotes:

    β€œAnything that just costs money is cheap.”
    ― John Steinbeck

    β€œToo many people spend money they haven’t earned, to buy things they don’t want, to impress people they don’t like.”
    ― Will Rogers

    Suka

  6. hmm uang…
    agak susah menjabarkannya… pernah baca tulisan bijak tentang uang tapi aku lupa dimana karna waktu SMA dulu banget.
    Tapi aku suka tulisannya karena detailnya.
    “Tak pantas memang membandingkan antara uang dan Tuhan. Akan tetapi, dalam kenyataannya uang sudah menjelma menjadi tuhan”
    untuk uang menjelma menjadi tuhan menggunakan ‘t’ kecil bukan ‘T’ besar. πŸ™‚ kalo sampe salah pasti aku kritisi hehehe

    Suka

  7. uang…..??????????? Untung Aja Ngg’ nGanggur
    memang didlm menjalani hdup skrng ini hrs btuh uang,tp bnyk skrng org menghalalkan sgl cara demi mendptkan uang sampai2 melakukn persugihan….smoga ALLAH memberikan penerang dlm hati org2 yg memuja uang….Amiiin…..
    skrg ini bnyk org yg sdh mendptkn rizki lbh lupa dg siapa yg memberi dan jg lupa bahwa ddlm kkyaannya it msh ada hak org yg tergantung…( dan jka kamu bersyukur past Ku tambah nikatKU dan jka engkau ingkar azbKU amatlah pedih…firman ALLAH)lupa suratnya….
    dlu pengalaman aq wkt jd pengacara (pengangguran banyak acara) kdang2 aq berprofesi/bekerja ddinas perhubungan(ojek lho) heheheheehehehe….kadang2 demi uang seribu rupiah berebutan penumpang smpai bahkan hampr berkelahi,tp Tuhan msh memberikan aq hidayahnya agar ttap bersabar..g bbrapa lama datang org rental ojekku yg lumayan jauh termasuk ongkosnya jauh tnggi jg dr yg seribu td….Allamdulilah ternyata Tuhan Maha Pengasih dan Pemberi bg umatnya yg tetap sabar….Amin.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s