Ngepos via Hape

Dampak SOPA dan PIPA Bagi Pengguna Internet di Indonesia

www.savetheinternet.comTadi siang, ketika blogwalking. Saya nemu istilah SOPA dan PIPA di salah satu postingan para bloger. Baru pertama kali saya mendengar istilah tersebut.ย  Karena penasaran, maka saya langsung meluncur ke google untuk mengetahui perihal ini.

Ternyata oh ternyata SOPA dan PIPA adalah regulasi mengenai internet yang tengah digodok di kongres Amerika. Singkatnya Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA) merupakan undang-undang anti pembajakan yang akan disahkan dalam waktu dekat ini. Undang-undang ini diusulkan sejak oktober 2011 silam. Barulah belakangan ini hangat kembali karena dalam waktu dekat kongres bakal mengesahkan peraturan ini.

Mayoritas situs-situs besar yang berbasis di Amerika menentang SOPA dan PIPA. Sampai-sampai situs seperti wordpress, wikipedia, reddit dan situs lainnya melakukan aksi blackout dangan tampilan serba hitam. Tidak hanya itu, situs facebook, google, firefox dan lainnya menolak kebijakan ini. Tak lama berselang muncul americancensorship.org yang mengkampanyekan penolakan atas SOPA dan PIPA. Sudah lebih 6.000 situs yang bergabung untuk menolak kebijakan ini.

Bagi pengguna internet yang berada di Indonesia tentu tidak merasakan dampak yang signifikan atas undang-undang SOPA dan PIPA. Sebab, cakupan hukum peraturan ini masih diseputar wilayah amerika. Bukan berarti dampak SOPA dan PIPA tidak bakal terasa sampai di Indonesia. Misalnya, kita mempunyai sebuah situs, jika situs tersebut melakukan pelanggaran sebagaimana yang diatur dalam undang-undang SOPA dan PIPA maka besar kemungkinan situs tersebut akan diblokir dan diputus akses dengan situs-situs di amerika. Jika sudah begini, dijamin situs kita gak bakal muncul di search engine Google. Bila situs terintegrasi dengan layanan paypal, maka jangan harap uang bakal masuk ke rekening.

Bagi mereka yang mencari rezeki di dunia internet tentu akan merasakan rugi atas kebijakan ini. Sebab prinsip dari peraturan ini adalah untuk melindungi hak cipta industri film, musik dan konten yang gerah dengan ulah para pembajak. Teledor sedikit saja, bisa dituduh melanggar hak cipta. Misalnya kita lupa memberikan tanda kutip atau referensi atas konten yang kita buat, lalu dituduh melanggar hak cipta. Okelah jika sengaja melanggar hak cipta, boleh ditindak. Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak sengaja melakukan pelanggaran hak cipta, tentu akan ketiban sial dengan regulasi ini.

Itu hanya dilihat dari sudut penggiat internet yang mencari nafkah di dunia maya. Bagaimana dengan pengguna internet saja?. Mayoritas di indonesia hanya pengguna internet, bukan penggiat internet yang mencari keuntungan dan profit di internet. Pengguna disini maksudnya adalah mereka yang memakai internet lebih kepada hal-hal konsumtif. Internet bukan digunakan sebagai alat untuk menghasilkan secara ekonomi. Tapi internet hanya berfungsi untuk sekedar hiburan dan mencari informasi. Bagi pengguna internet indonesia pada kategori ini tidak akan merasakan dampak dari regulasi SOPA dan PIPA.

Secara kasat mata kita dapat mengetahui bahwa latar belakang dari lahirnya undang-undang SOPA dan PIPA adalah untuk melindungi kepentingan ekonomi industri film dan industri musik Amerika. Memang masalah hak cipta di internet ibarat benang kusut yang hingga kini sangat sulit untuk diurai. Bukan berarti solusi permasalahan hak cipta ini hanya lewat SOPA dan PIPA yang hanya menguntungkan industri film hollywood dan merugikan industri silicon Amerika.

Kita tunggu saja perkembangan SOPA dan PIPA ini?

Iklan

33 thoughts on “Dampak SOPA dan PIPA Bagi Pengguna Internet di Indonesia

  1. ane g setuju gan internet booming dan berkembang karena pembajakan jga… kalo g gitu internet akan berasa sangat mahal sekali n informasi d dlmx g akan berkembang tanpa tanga kreatif si copas n si pembajakan

    Suka

  2. Meskipun dampaknya kecil. Entah karena gejala “ikut-ikutan” atau karena adanya tekanan, jika UU ini disahkan oleh parlemen AS, ada kemungkinan besar Indonesia akan membuat UU serupa.

    Suka

  3. Menurut saya dampak SOPA dan PIPA tidak akan terasa di Indonesia. Seberapa banyak sih situs Indonesia yang sering mendulang uang dengan mendapatkan banyak pengunjung dari Amerika Serikat? Saya rasa tidak banyak.

    Suka

  4. wikipedia juga bersikeras menentang peraturan ini karena mereka selama ini (dan ingin terus) menyajikan sumber informasi dan pengetahuan gratis.

    Suka

  5. udah mulai nih kerasa …situs free donlot udah mule susah buat ditemuin..contohnya yang paling gede tuh mediafire…akakakakakak…emang amerika juara ama duit mah..aahhahaha…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s