Ngepos via Hape

Menjadi Pribadi Berkualitas

Tidak sedikit orang melakukan resolusi dalam menyambut tahun baru. Beraneka macam keinginan dan harapan yang hendak dicapai di tahun 2012. Gegap gempita menyambut tahun baru terjadi di mana-mana, terutama di kota-kota besar. Bukan asing lagi bila pesta kembang api jadi penyemarak malam pergantian tahun.

Sebagian menyadari bahwa pergantian tahun tidak sekedar pesta, tapi dapat menjadi momen untuk memperbaiki diri menjadi jauh labih baik dari tahun sebelumnya. Bahkan tak sedikit yang berharap segala keinginannya dapat terwujud di tahun mendatang. Momentum pertukaran tahun adalah waktu yang tepat untuk menyuntikan harapan di tahun baru dimana tahun sebelumnya harapan tersebut tidak pernah tercapai .

Bagi saya, tahun baru ini tak ubahnya dengan tahun baru sebelumnya. Tidak ada yang spesial meski ada perubahan dibanding dengan tahun sebelumnya.  Resolusi menyambut tahun baru telah saya kemukakan takala pergantian tahun hijriah. Di pergantian tahun masehi ini resolusinya tetap sama, yakni menjadi pribadi berkualitas.

Sekilas makna ‘pribadi berkualitas’ agak sedikit kabur. Apa standar untuk bisa berkualitas? Seperti apa pribadi berkualitas itu? Pertanyaan yang paling fundamental adalah bagaimana untuk bisa menjadikan diri sebagai pribadi berkualitas.?

Saya menyadari bahwa kualitas diri ditentukan oleh diri kita sendiri. Tidak dapat saya pungkiri jika faktor lingkungan merupakan hal yang ikut mempengaruhi kualitas diri. Meskipun demikian, semuanya berpaling lagi kepada diri sendiri untuk menaklukan lingkungan sekitar.

Dalam kamus bahasa indonesia kualitas berarti tingkat baik buruknya sesuatu. Sementara pribadi berkualitas dapat dipahami sebagai bentuk tingkah laku yang baik sehingga jadi teladan bagi orang lain. Perlu diingat, untuk menjadi teladan yang baik tidaklah mudah. Harus memperbaiki diri sendiri dulu baru bisa menjadi teladan yang baik bagi orang lain.

So… Mulailah memperbaiki diri menjadi pribadi yang baik serta damai. Kualitas diri ditentukan oleh tingakah laku kita sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s