Ngepos via Hape

Prilaku Berkendaraan Yang Tidak Disukai

Tengah malam ini sepertinya kurang cocok rasanya menulis perihal berlalu lintas. Apalagi malam-malam begini aturan lalu lintas tidak berlaku bagi sebagian orang. Saya sendiri sudah lama berkeinginan untuk menulis hal ini. Tapi tak pernah terealisasi, sebab setiap menuliskan hal berlalu lintas selalu ada halangan.

Beruntung malam ini tidak ada lagi penghalang untuk menuliskan berbagai macam prilaku orang berlalu lintas. Sebelum menilai prilaku orang, saya akan menuliskan bagaimana prilaku saya berlalu lintas.

Semasa remaja, saya termasuk orang yang tidak taat aturan. Termasuk diantaranya tidak taat pada aturan lalu lintas. Puncaknya berakhir dengan kecelakaan maut. Kecelakaan itu merupakan akibat dari tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Semenjak itu saya mulai sadar bahwa mematuhi peraturan lalu lintas itu penting. Peraturan itu dibuat untuk keselamatan diri sendiri dalam berkendaraan. Entah kenapa sebagian orang malah tidak sayang kepada dirinya dengan melanggar aturan lalu lintas.

Salah satu diantaranya adalah menerobos lampu merah atau trafic light. Prilaku orang seperti ini membuat saya kesal. Padahal keberadaan trafic light sesungguhnya untuk membuat ketertiban dan keamanan dalam berkendaraan.

Prilaku lain adalah menggunakan handphone saat berkendaraan. Ada yang nelpon sambil nyetir. Lebih parah lagi ada yang ngetik sms sambil bawa motor. Kedua prilaku demikian adalah prilaku yang sangat tidak saya sukai.

Dulu saat pembahasan rancangan undang-undang lalu lintas sedang digodok, saya tidak setuju ada larangan memakai hendphone saat berkendaraan. Setelah larangan tersebut diberlakukan dalam UU lalu lintas, barulah saya sadar ternyata di lapangan prilaku menggunakan handphone saat berkendaraan sangat berbahaya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya larangan itu dimasukan dalam UU lalu lintas. Kapan perlu petugas polantas harus menindak dengan tegas mereka yang melanggar aturan ini.

Perilaku lain yang membuat saya jengkel adalah pengendara motor yang tidak menoleh kiri-kanan saat berbelok saat mulai masuk ke badan jalan. Bila belok kanan, maka yang dilihat sebelah kanan saja tanpa melihat sebelah kiri. Begitu pula sebaliknya, bila belok kiri yang dilihat sebelah kiri saja tanpa menghiraukan kendaaraan yang datang dari sebelah kiri.

Tindakan demikian sangat berbahaya, terutama bagi pengendara yang tengah ngebut dari arah yang tidak diperhatikan. Bisa saja akan berdampak pada kecelakaan yang hebat.

Dan banyak lagi prilaku berlalu lintas yang tidak saya sukai. Sampai saat ini, hanya prilaku diatas yang dapat saya tuliskan pada kesempatan kali ini.

Salam Berlalu Lintas.

Iklan

One thought on “Prilaku Berkendaraan Yang Tidak Disukai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s