Ngepos via Hape

Kenikmatan Hidup Ada Dalam Usaha

Membicarakan soal hidup tidak akan ada habisnya. Banyak sekali prespektif dalam persoalan hidup. Sangat beragam, setiap orang tidak pernah sama memandang kehidupan.

Ada yang bilang hidup ini indah. Ada lagi yang bilang hidup ini terasa pahit. Dan banyak lagi macam dari kehidupan.

Pastinya hidup akan terus berjalan sepanjang kita masih diberi kesempatan untuk menghela nafas. Itu baru kehidupan dunia, belum lagi dengan kehidupan di akhirat.

Lalu dimana letak makna dari hidup? Hidup terasa bermakna bila diisi dengan hal yang bermanfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.

Menjalani kehidupan ini tidaklah mudah, sebab penuh liku dan rintangan. Sebuah iklan di televisi mengatakan bahwa life is never flat, hidup tidak pernah datar. Jika hidup datar-datar saja maka kita tidak dapat menikmatinya.

Kenikmatan hidup terletak pada usaha. Dengan berusaha, baik dalam hal apapun barang tentu kita akan dapat menemukan nikmat hidup dalam usaha tersebut.

Dalam islam, usaha ini dikenal pula dengan tawakal. Segala upaya harus kita kerahkan sambil melandaskan harapan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sama artinya bahwa dalam tawakal akan dapat ditemukan makna dan kenikmatan hidup.

Bermimpilah setinggi langit, tapi jangan lupa membangun mimpi itu dengan berusaha. Usaha adalah sebuah bentuk penghargaan atas proses. Tidak ada yang instan, bahkan untuk memasak mie instan saja kita harus melewati proses dengan menyeduh sebelum menyantapnya.

Sekali lagi, temukanlah kenikmatan hidup dalam setiap proses yang kita jalani. Kerena dalam proses tersebut ada usaha yang tengah dilakoni.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s