Ngepos via Hape

Kekuasaan

Siapa sih yang tidak tergoda dengan kekuasaan?. Tidak ada satupun manusia yang bisa lepas dari nafsu kekuasaan. Jika syahwat berkuasa tidak ada lagi, maka belum dapat dikatakan manusia sebagai makhluk sosial.

Sebab kekuasaan selalu ada dalam diri manusia karena sudah diberikan sifat ego dalam diri masing-masing. Sama halnya dengan potensi yang lain, setiap manusia mempunyai potensi untuk berkuasa.

Kekuasaan bukan hanya persoalan jabatan atau kedudukan. Kekuasaan bukan sekedar kehidupan di dunia politik saja. Kekuasaan bukan masalah memimpin saja. Tapi kekuasaan adalah sebuah potensi yang ada dalam diri kita untuk mempengaruhi orang lain.

Secara tidak langsung ada upaya dalam diri untuk mempengaruhi orang lain sesuai dengan keinginan kita. Baik dalam keadaan sadar atau tidak, kita pernah mencoba untuk menguasai orang lain agar melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak kita. Hal demikian termasuk dalan kategori kekuasaan.

Kadang kebanyakan kita tidak sadar bahwa segala lini dalam kehidupan kita ini selalu diwarnai dengan kekuasaan. Dalam hal sepele saja, kita mungkin pernah menjalankan elemen kekuasaan dengan mempengaruhi orang lain, baik secara paksa maupun tidak agar menuruti perintah yang kita inginkan.

Kekuasaan tidak bisa dinafikan oleh siapapun. Namun, yang membedakan hanyalah seberapa besar kadar untuk menguasai. Ia ibarat syahwat yang bereaksi bila ada sebab. Begitu juga dengan kekuasaan, yang datang takkala ego datang memuncak.

Akumulasi dari berbagai ragam upaya mempengaruhi itulah yang kemudian klimaks dari kekuasaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s