Ngepos via Hape

Rezeki Tidak Akan Pernah Sama

Dari dulu saya ingin sekali menulis tema tentang rezeki. Tapi, hingga kini saya tidak pernah paham apa itu rezeki. Saya tidak mengerti dengan rezeki.

Semakin saya mencari makna rezeki, semakin saya tidak menemukan hakikat dari rezeki itu.

Sebagian orang bilang rezeki itu adalah uang. Ada juga yang bilang rezeki itu adalah kebutuhan. Ada lagi yang menyebut rezeki itu merupakan kebahagian.

Apapun defenisi rezeki yang jelas setiap orang tidak akan pernah sama memandang rezeki. Sudut pandang kita mengenai rezeki akan menentukan langkah kita untuk mencari rezeki tersebut.

Kadang rezeki itu tidak datang dengan sendirinya. Ada kala rezeki itu perlu dijemput untuk mendapatkannya. Akan tetapi, tanpa usaha bisa saja rezeki datang menghampiri. Rezeki itu seperti misteri yang tak pernah diketahui rimbanya.

Dalam surga sendiri ada juga rezeki. Sepertinya rezeki di akhirat itu lebih indah dari segala bentuk rezeki yang ada didunia ini. Karena belum pernah mencicipi surga, maka banyak diantara kita terpana dengan rezeki dunia. Sehingga dengan memperoleh rezeki dunia membuat kita terjerumus kedalam lubang neraka karena tidak mau membagi rezeki yang diperoleh kepada mereka yang membutuhkan.

Di toko buku banyak sekali buku yang membahas tentang rezeki. Tak sedikit yang menyangkut pautkan antara rezeki dengan tingkah laku. Jika tingkah laku elok, maka akan memperoleh rezeki yang pantas dan sesuai dengan tingkah lakunya. Kenalilah dirimu, maka kamu akan mengenali rezeki mu. Mungkin pepatah ini sangat cocok mengambarkan mereka yang mamahami rezeki dari sudut pandang ini.

Dalam al quran Allah berkali-kali menyebut kata rezeki. Tidak hanya rezeki untuk manusia tapi ada pula rezeki untuk binatang, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Artinya rezeki bukan hanya untuk manusia saja, tapi rezeki untuk semuanya.

Lalu saya mulai berpikir bagaimana Tuhan membagi rezeki kepada semuanya. Dengan sifat adil yang dimiliki-NYA, tuhan membagikan rezeki kepada setiap makhluk hidup di muka bumi ini. Tak perlu kita meragukan keadilan tuhan jika ada diantara kita yang tidak memperoleh rezeki yang sama. Ketidaksamaan itulah yang membuktikan bahwa tuhan berlaku adil dalam membagi rezeki kepada umat-NYA.

Iklan

One thought on “Rezeki Tidak Akan Pernah Sama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s