Ngepos via Hape

Sukses Berhenti Merokok

Aku semakin tidak mengerti apa makna dari sukses. Saat seorang teman memberi satu bungkus rokok kepadaku, langsung saja aku tolak. “Maaf, aku tidak merokok lagi semenjak empat tahun yang lalu” kataku. Ia tidak percaya bahwa aku telah berhenti merokok. Lalu aku meyakinkannya bahwa aku benar-benar sudah berhenti merokok. Lantas ia menyebut aku telah sukses.

Dalam hati, aku bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan sukses tersebut. Kalau sukses berhenti merokok sih, iya. Tapi kalau sukses dalam artian lain, rasanya belum tentu.

Aku sendiri merasa diriku belum sukses. Sukses dalam artian melawan diriku sendiri. Memang keberhasilan melawan keinginan merokok bagian dari perjalanan aku melawan diriku sendiri. Jika aku tidak mampu melawan diriku, mungkin aku tidak akan bisa terlepas dari jerat nikotin. Dilain hal, aku belum mampu mengatasi perangai yang ada dalam diriku.

Oleh karena itu, ada kebanggan tersendiri bagiku bila mengingat perjuangan terbebas dari rokok. Bagi sebagian orang berhenti merokok bukanlah perkara mudah. Semenjak berhenti total dari rokok, aku mulai percaya bahwa berhenti merokok tidaklah susah seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan perokok.

Asal ada niat dan menjalankan secara sungguh-sungguh, maka berhenti merokok bakal terasa mudah. Mulailah melawan pikiran untuk merokok yang ada dalam diri masing-masing.

Jika kita mampu melawan pikiran itu, maka kita akan sukses berhenti merokok. Bila telah sukses mengatasinya, jangan pernah untuk mengulangi lagi walau hanya dengan sebatang atau sehisap rokok.

Menjaga komitmen agar konsisten tidaklah semudah membangun komitmen itu sendiri. Butuh perjuangan lahir dan bathin (yah kok pakai bathin segala). Selama empat tahun ini aku memupuk komitmenku berhenti merokok. Waktu yang sesingakat itu tidak cukup melestarikan konsistensi yang bakal mengahadapi tantangan yang berat kedepanya.

Jadi, bicara kesuksesan berhenti merokok bisa didapat oleh semua perokok. Apapun metode atau cara yang digunakan untuk berhenti, yang penting harus mampu melawan diri sendiri. Karena dengan melawan diri sendiri, disitulah awal kesuksesan berhenti merokok.

Iklan

2 thoughts on “Sukses Berhenti Merokok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s