Ngepos via Hape

Menikmati Pekerjaan Merupakan Tujuan Bekerja

Tanpa sengaja, saya menemukan kata bijak di status facebook dari friend list FB saya. Kata itu tertulis “Nikmatilah pekerjaanmu, maka kamu tidak akan pernah merasa bekerja seumur hidupmu.” Secara garis besar saya sepakat dengan kata-kata tersebut.

Saya baru menyadari bahwa menikmati pekerjaan itu mempunyai dampak yang besar. Salah satu diantaranya adalah kita akan merasa tidak pernah bekerja, padahal kita bekerja. Artinya, setiap pekerjaan yang dapat dinikmati tidak akan membuat kita lelah, walaupun pekerjaan itu berat.

Di zaman sekarang mencari pekerjaan itu cukup susah. Angka pengangguran yang tinggi menunjukan bahwa mendapatkan pekerjaan itu tidaklah mudah. Meskipun lapangan pekerjaan tidak tersedia, bukan berarti tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan.

Mungkin disektor formal tidak banyak tersedia lapangan kerja. Tapi disektor informal aneka ragam pekerjaan sudah ada. Tergantung bagaimana para jobseekrs memanfaatkannya, misalnya dengan membuka usaha sendiri atau mencoba untuk bertani.

Bekerja disektor formal dan informal sama saja. Kedua-duanya akan menghasilkan secara materi. Cuma bedanya seberapa banyak hasil yang diterima akan berbeda-beda.

Bagi karyawan yang bekerja disektor formal akan menerima hasil berupa gaji. Sementara para petani menghasilkan bila telah panen. Bagi pedagang akan mendapatkan jerih payahnya melalui untung.

Hasil dari bekerja yang berbentuk materi ini bisa membuat setiap pekerja senang. Tidak serta merta hasil materi itu berujung bahagia bagi pekerja. Sebab gaji yang tinggi tidak selalu membuat pekerja tersebut menikmati pekerjaan mereka.

Untuk itu, menikmati pekerjaan sangatlah penting bagi setiap pekerja. Indakator dari orang yang menikmati pekerjaan adalah mereka akan merasa bahagia dengan apa yang mereka kerjakan. Walau menerima gaji yang kecil, selama bisa menikmati pekerjaan maka gaji kecil bisa saja membuat bahagia. Apalagi dengan mereka yang bergaji besar sekaligus juga dapat menikmati pekerjaan mereka, maka kebahagian yang dirasakan akan semakin komplit.

Jadi, apapun pekerjaan yang dilakukan, cobalah untuk menjalani dengan ikhlas agar pekerjaan tersebut bisa dinikmati. Ketika mampu menikmati pekerjaan, maka ketika itulah ditemukan makna dari bekerja.

Dulu saya berpikir bahwa bekerja itu cuma ada dua; pertama bekerja dengan otot dan bekerja dengan otak. Sekarang tidak lagi dua tapi ada satu tambahan lagi, yakni bekerja dengan hati. Untuk bisa menikmati pekerjaan maka bekerjalah dengan hati.

Selamat Bekerja.

Iklan

4 thoughts on “Menikmati Pekerjaan Merupakan Tujuan Bekerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s