Ngepos via Hape

Makan Nomor Dua, Cuci Tangan Nomor Satu.

Baru tahu saya ternyata ada hari cuci tangan sedunia. Zaman sekarang banyak sekali hari-hari peringatan. Namun peringatan yang satu ini sedikit asing terdengar.

Mungkin bagi sebagian orang tidak peduli dengan hari cuci tangan sedunia ini, sebab kesadaran untuk cuci tangan pakai sabun sangat minim. Dampak dari ketidakpedulian untuk cuci tangan bisa berujung kematian.

Kematian balita karena diare menjadi fokus organisasi global. Adanya hari cuci tangan pakai sabun sedunia ini berangkat dari upaya untuk menekan kematian balita. Penetapan hari cuci tangan sedunia bermula dari pertemuan tahunan air sedunia yang diadakan pada bulan agustus 2008. Pada pertemuan itulah ditetapkan 15 oktober sebagai peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia.

Kampanye tersebut merupakan upaya global untuk mengurangi kematian balita karena diare. Buruknya sanitasi ditenggarai sebagai sumber dari maraknya diare dikalangan belita. Disamping itu, prilaku masyarakat dalam masalah kebersihan menjadi faktor pendorong rentannya gejala penyakit.

Untuk itu, hari cuci tangan sedunia dapat menjadi momentun untuk memulai berpilaku sehat.

Bagi saya sendiri cuci tangan lebih penting dari makan. Makan nomor dua, cuci tangan nomor satu. Gak mungkin khan makan jika belum cuci tangan, kecuali makannya pakai sendok.. 😀

Sayang setiap kali makan di rumah makan, tidak disediakan sabun untuk cuci tangan. Cukup dengan air kobokan saja. Setidaknya sudah mencuci tangan sebelum makan. Jika ingin lebih steril lagi, maka bisa memakai sabun cair khusus untuk cuci tangan yang tersedia di pasaran.

Kondisi demikian terjadi takkala berada di luar rumah. Bila dikalkulasikan, tentu aktifitas makan lebih intens dilakukan dirumah. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak mencuci tangan pakai sabun.

Cuci tangan tidak hanya terfokus disaat mau makan saja. Tapi cuci tangan perlu dijadikan kebiasan dalam segala aktifitas. Jika tidak ada sabun, cuci tangan pakai air saja sudah lebih dari cukup. Salah satu pola hidup sehat adalah membiasakan cuci tangan.

Selamat Mencuci Tangan.

Iklan

2 thoughts on “Makan Nomor Dua, Cuci Tangan Nomor Satu.

  1. Eits, jangankan habis megang kucing. Saya, habis dari luar membukakan pagar untuk mobil ayah saya keluar aja, saya cuci tangan. SAya merasa gak nyaman kalo memegang keyboard komputer sebelum cuci tangan.

    Jika mau menyebut saya paranoid, silakan. Tapi saya merasa lebih baik paranoid ketimbang di kemudian hari saya sakit karena lupa cuci tangan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s