Ngepos via Hape

Tinggal Satu Hari Lagi

Ketika suara sirine sudah berbunyi di ujung radio, hampir semua pengunjung balai (pasar) meneguk segelas air. Termasuk diantaranya si Ipat penjual es rumput laut yang berbuka dengan secangkir teh hangat. Setelah minum ia kembali disibukan membungkus es rumput laut yang dijualnya.

Tampak enam botol peletak bahan-bahan es rumput laut sudah mulai mengosong. Namun, raut wajahnya tidak menampakan kegembiraan. Ipat merasa sedih ditanggalkan oleh bulan ramadhan yang penuh berkah ini.

Dengan polos ia berseloroh “puasa tinggal satu hari lagi ya..”, katanya sambil membungkus es. Kata-kata itu mengesankan bahwa Ipat merasa sedih ditinggal ramadhan.

Betapa tidak, ramadhan telah menjadi berkah tersendiri bagi Ipat. Uang yang tadinya tidak pernah terbayangkan, kini sudah berada di dalam saku baju kurungnya. Penghasilan yang diperoleh dari jualan es rumput laut selama ramadhan merupakan rezeki yang mustahil didapatkan pada hari biasa.

Kesedihan yang terpancar pada diri Ipat seperti seseorang yang ditinggal pergi kekasih hati. Dibalik sunggingan senyum itu tersembunyi kerinduan untuk bertemu kembali dengan pujaan hati. Entah bersua atau tidak dengan ramadhan tahun depan. Cukup dengan bermodalkan keyakinan, Ipat berharap bertemu lagi dengan ramadhan yang akan datang.

Bagaimana dengan kita (saya)? Apakah merasa sedih atau senang ditinggal ramadhan.

Jawabannya hanya dapat dijawab dengan hati. Seperti suasana hati ipat yang sedih ditinggal ramadhan, meskipun ia dilimpahi rezeki.

Seharusnya ramadhan kali ini harus lebih baik dari pada ramadhan sebelumnya. Jika kelak kita dipertemukan kembali dengan ramadhan, maka harus ada tolak ukur untuk mengkomparasikan dengan ramadhan yang akan datang. Baik tidaknya penilaian atas ramadhan yang dilalui pada tahun ini ditentukan dari tolak ukur ramadhan tahun lalu.

Tolak ukur tersebut adalah keimanan. Bagaimana perkembangan keimanan kita setelah melalui ramadhan tahun ini. Apakah lebih baik bila dibandingkan dengan tahun lalu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s