Penting Gak Yaa

Wakil Walikota Melayat Warga Yang Tak Dikenalinya

Rakyat kenal dengan pemimpinya sudah menjadi hal bisa. Tapi, jika pemimpin kenal dengan rakyatnya itu baru hal luar bisa.

Disini saya mencoba berbagai pengalaman saat melayat orang meninggal di sebuah kampung. Saat menunggu jenazah datang, para pelayat duduk dengan tenang. Almarhum dan keluarganya bukanlah orang penting, apalagi pejabat.

Tiba-tiba mata pelayat tertuju kepada subuh mobil sedan yang baru datang. Plat mobil itu berwarna merah dengan angka 5. Semua sudah mengira bahwasanya yang datang adalah pejabat. Tapi tidak semua pelayat yang tahu bahwasanya yang datang melayat itu adalah wakil walikota. Sebab tempat pemakaman (rumah duka) berada di wilayah kabupaten yang notabene bukan daerah kekuasaan wakil walikota tersebut.

Keluarga almarhum tidak ada hubungan kerabat dengan bapak wakil walikota. Mungkin almarhumah sendiri juga tidak kenal dengan wakil walikota, begitu pula sebaliknya. Hanya saja salah satu menantu jauh dari almarhum merupakan PNS biasa di pemerintahan kota. Mungkin kedatangan wakil walikota tersebut untuk berbagi duka dengan pegawainya.

Tidak hanya itu, selentingan saya mendengar kabar dari masyarakat bahwa rakyat lebih dekat kepada wakil walikotanya, dibandingkan dengan walikotanya sendiri. Terlebih, setelah dugaan walikota terlibat kasus korupsi membuat warga kian apatis kepada sang walikota. Secara politis ini akan menguntungkan bagi wakil walikota untuk dapat naik mencalonkan diri menjadi walikota.

Saya menilai bahwa pendekatan yang dilakukan oleh wakil walikota tersebut telah merebut hati warga. Namun, perlu diingat bila tumpuk kekuasaan dipegang olehnya, akankah ia tidak melupakan rakyatnya?. Pertanyaan itu merupakan bentuk atas kiritikan terhadap para pemimpin yang kebanyakan lupa dengan janji dan rakyatnya bila telah duduk di kursi kekuasaan.

Saya mencoba untuk berpikir positif saja. Apalagi setelah saya menyaksikan secara langsung wakil walikota melayat rakyatnya yang meninggal dunia. Wakil walikota itu sekaligus menjadi imam shalat jenazah. Ia telah meluangkan waktu istirahat di bulan ramdhan ini dengan melayat warganya.

Salam Ramadhan dari Garam Manis

Sumber

Iklan

One thought on “Wakil Walikota Melayat Warga Yang Tak Dikenalinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s