Ngepos via Hape

Tanda-Tanda Berbuka Puasa

Menjelang waktu berbuka, aku mencoba untuk menggores blog sederhana ini dengan catatan singkat. Catatan yang mencoba untuk mengurai tentang tanda-tanda apa yang dinantikan orang untuk berbuka.

Secara umum waktu berbuka dimulai semenjak terbenamnya matahari. Hal itu ditandai dengan kumandang azan magrib. Ketika azan magrib bergema itu berarti waktu berbuka telah masuk.

Akan tetapi tidak semuanya diawali dengan azan magrib, sebab ada berbagai macam tanda yang mendahului sebelum azan berkumandang. Seperti contoh, biasanya di sebagian wilayah didahului dengan pukulan bedug. Ketika bedug berbunyi barulah mulai berbuka puasa.

Kalau disini, tempat aku bedomisili biasanya waktu berbuka puasa dimulai dengan tanda bunyi sirine. Sirine berbunyi sebelum azan berkumandang. Radio lokal menjadi tempat diputarnya sirine tersebut. Sebagian mesjid ada yang memforward bunyi sirine di mesjid agar warga yang tidak mempunyai radio dapat mengetahui waktu berbuka puasa.

Selain itu ada yang menggunakan jam untuk mengetahui apakah waktu berbuka puasa telah masuk. Kadang ada yang berbuka puasa dengan melewati waktu sekitar beberapa menit dari jam berbuka yang telah ditetapkan dalam imsyakiyah.

Aku pernah pula mendengar informasi bahwa ada beberapa kelompok islam yang menunggu waktu berbuka puasa dengan cara yang unik dan sedikit berbeda dengan cara muslim kebanyakan. Kelompok ini berbuka sekitar setengah jam setelah azan magrib berkumandang. Hal ini untuk memastikan agar waktu berbuka puasa telah benar-benar masuk. Tentunya cara ini sangat berbeda dengan cara muslim lainnya dalam berbuka puasa.

Demikianlah cara-cara ataupun tanda-tanda berbuka puasa yang pernah aku jumpai.

Salam Berbuka Puasa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s