Ngepos via Hape

Week(end)

Asyik, topik hari ini adalah weekend di dailypost. Upss… Tunggu dulu, weekend apaan sih???

Nah lho, mau nulisa apa kalo ga tau artinya. Itulah masalahnya, disini pengen coba mencari tahu apa maksud dari weekend itu secara subtansi, bukan arti.

Secara bebas weekend berarti akhir pekan. Kalo orang kantoran bilang ini saatnya gak masuk kantor, alias waktunya libur.

Kira-kira pedagang tradisional ada weekend gak sih. Secara, pedagang modern ada hari liburnya. Tapi, pedagang di pasar tradisional tidak ada mengenal hari libur seperti weekend ini. Liburnya paling kalo ada acara-acara tertentu saja.

Saya sebut, orang modern aja deh. Sebab weekend hanya dikenal oleh orang-orang modern yang bekerja di sektor formal. Di kampung sih ga ada istilah weekend-an. Biasanya hanya warga perkotaan yang bekerja disektor formal saja yang mengenal istilah ini.

Weekend adalah waktu yang paling ditunggu oleh pekerja sektor formal. Sebab, weekend adalah kesempatan bagi mereka menghabiskan waktu bersama keluarga setelah hampir seminggu sibuk dengan rutinitas pekerjaan. Kadang hari libur di akhir pekan dimanfaatkan untuk beristirahat setelah penat dengan pekerjaan yang digeluti.

Kenikmatan seorang terhadap pekerjaanya dapat diukur dengan persepsi mereka tentang weekend. Ketika seorang menikmati pekerjaannya, maka ia selalu tak sabar menanti datangnya hari senen untuk dapat kembali bekerja. Tapi, ketika seseorang sudah mengeluhkan waktu libur mereka terasa cepat berlalu dan benci dengan hari senen karena udah masuk kerja lagi, maka ia tidak menikmati pekerjaan yang digeluti.

Relasi antara pekerjaan dan weekend dapat menjadi alat ukur untuk mengetahui seberapa puas seseorang terhadap pekerjaan mereka. Jadi, weekend bukan hanya sekedar hari libur, tapi weekend dapat bermakna sebagai alat mengukur kepuasan terhadap pekerjaan.

Salam Weekend

Iklan

6 thoughts on “Week(end)

  1. Wah, dari weekend bisa nyambung ke pekerjaan. 😆

    Pokoknya, seperti kata orang bijak, cintailah apa yang kamu kerjakan dan kerjakanlah apa yang kamu cintai. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s