Ngepos via Hape

Pengen Sala Lauak

Sumber Gambar: Comot dari blog seblah..

Waduh topic daily post kemaren belum sempat ditulis. Padahal sudah banyak yang pengen diceritakan karena topiknya menyangkut soal makanan. Mumpung suasana bulan puasa, mari bicara soal makanan.

Biasanya dalam bulan ramadhan bermunculan pasar dadakan yang menjual aneka ragam makanan untuk berbuka puasa. Pasar tersebut lebih dikenal dengan pasar pabukoan oleh masyarakat minang.

Kebetulan setelah shalat tarawih semalam masuk email dari daily post mengingatkan untuk menulis tentang makanan yang pengen dicari dan perlu untuk dicoba.

Setelah direnungkan sejenak, ternyata diriku pengan nyari makanan enak di pasar pabukoan. Ketika udah nyampai di pasar pabukoan, ada saja tampak makanan yang pengen di coba. Salah satu diantaranya adalah sala lauak (sala ikan) yang lunak. Kalo aku menyebut sala ini dengan sebutan sala lunak.

Sala adalah sejenis makanan khas pariaman yang terbuat dari tepung dan ikan (lauak) serta dicampur dengan bumbu rempah-rempah. Tepung dan rempah-rempah diaduk menjadi satu, sebelumnya tepungnya di ‘rendang’ dulu. Setelah itu lalu ditambah dengan ikan yang sudah ditumbuk. Lalu, bahan-bahan tersebut dibentuk seperti bola dan digoreng ke dalam minyak panas.

Sala yang masih panas lebih enak dimakan dibandingkan dengan sala yang dalam keadaan dingin. Sala yang masih panas akan terasa gurih dan kriuk kulitnya. Sedangkan sala yang dalam keadaan dingin tidak akan terasa lagi kriuk di kulit salanya.

Itu untuk jenis sala bulat, lain lagi dengan sala lunak yang bentuk teksturnya tidak bulat melainkan sedikit lonjong seperti telur. Sala lunak ini lebih enak dimakan dalam keadaan dingin. Ia berbeda dengan sala bulek, baik secara bentuk maupun rasanya.

Sala dapat menjadi pengganti lauk pauk di saat berbuka puasa. Sala akan lebih enak bila dimakan dengan lontong sayur, apalagi dimakan dengan ketupat gulai pical (gulai kacang).

So… Mari kita mencari dan mencoba sala lauak disaat berbuka puasa nanti.

Salam Sala Lauak

Iklan

2 thoughts on “Pengen Sala Lauak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s