Ngepos via Hape

Tarawih Terakhir dan Pertama

Ketika hilal telah tampak dari ufuk barat, maka saat itulah pertanda bahwasanya masuk bulan ramadhan. Sebagian lain telah menentukan mulainya bulan ramadhan jauh hari dengan menggunakan perhitungan kelender tanpa melihat hilal..

Katanya di bulan ramadhan setan telah diikat sehingga tidak dapat lagi menggangu manusia menjalankan ibadah puasa. Dulu semasa kecil, kita dicecoki pemahaman bahwasnya hantu yang dianggap sebagai representasi dari setan juga di kurung saat bulan ramadhan ini.

Sepertinya asumsi diatas tampaknya belum berlaku sore tadi karena semenjak sore setan talah menggoda diri untuk tidak ikut tarawih di malam pertama bulan ramadhan ini. Menjelang azan isya, setan kian gencar menggoda supaya tidak usah shalat tarawih. Akibat godaan itu, diri ini sempat berpikir untuk tidak shalat tarawih di mesjid.

Untung saja setan tidak berhasil merayu karena aku memutuskan untuk ikut tarawih di mesjid. Inilah pertama kali tarawih di mesjid dekat rumah. Di mesjid ini pulalah aku juga pertama dan terakhir kali shalat tarawih pada bulan ramadhan di tahun yang lalu.

Tahun kemaren setan sungguh berhasil menggoda diriku agar tidak shalat tarawih. Bayangkan saja, selama satu bulan itu aku hanya sekali shalat tarawih. Itupun tarawih di hari terakhir bulan ramadhan di mesjid yang sama saat aku mengawali ramadhan tahun ini.

Saat beribadah, setan tak pernah berhenti menggoda walau itu saat shalat sekalipun. Pikiran yang seharusnya fokus beribadah berubah menjadi menerawang dan kurang konsentrasi sehingga ibadah tidak khusuk. Badan masih di dalam mesjid, tapi pikiran suduh melewati pintu mesjid.

Ya Allah Tuhan pencipta alam, hindarilah kami dari godaan setan-setan yang terkutuk ini baik dalam bulan ramadhan maupun pada bulan-bulan lainnya.

Salam tarawih

Iklan

3 thoughts on “Tarawih Terakhir dan Pertama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s