Gak Penting Yaa

Dilarang Mandi Telanjang

Apa yang terpikir oleh anda saat melihat peringatan yang tertulis dalam gambar diatas?

Mari kita ulas gambar tersebut.

Bila melihat isi yang tertulis pada peringatan itu, sudah tentu sebelumnya ada orang yang mandi telanjang di sana. Untuk itu, pengurus mesjid mewanti-wanti agar tidak ada yang mandi telanjang di tempat tersebut karena disitu adalah tempat publik.Sekedar diketahui, gambar diatas saya ambil di tempat wuduk sebuah mesjid di sungai sariak. Kata-katanya cukup menggelitik, yakni “tidak boleh mandi telanjang”. Karena ada kata “telanjang” maka agak terlihat menarik untuk dibahas.

Biasanya yang berbau seperti kata tersebut cukup “rame”. Maaf, maksudnya bukan porno lho. Hanya untuk berbagi dengan para narablog.

Berbagi tentang cara unik pengurus mesjid melarang warga menggunakan tempat berwudhuk dengan tidak “etis”. Dikatakan tidak etis karena sudah menjadi kebiasaan warga mandi telanjang di tempat itu.

Menjadi hal yang lumrah bagi warga kampung mandi di mesjid. Sanitasi yang kurang bagus di daerah pedesaan membuat mesjid menjadi sarana publik untuk berbagai aktifitas, tidak hanya untuk beribadah saja tapi juga dimanfaatkan untuk MCK (mandi, cuci, kakus). Namun, ada sebagian warga yang tidak menggunakan fasilitas mesjid dengan tidak wajar, yakni dengan mandi bertelanjang.

Untuk itu, muncul peringatan agar warga tidak lagi mendi telanjang.

Kata “telanjang” kadang ditafsirkan secara beragam. Ada yang menganggap telanjang itu tidak mengenakan pakaian sama sekali, alias toples. Ada yang memahami telanja tidak memakai baju, tapi pakai celana saja.

Nah, telanjang apa yang dimaksud oleh peringatan tersebut. Saya pun mengira telanjang yang dimaksud adalah telanjang dalam tafsiran pertama. Dengan sedikit menghela nafas, saya berujar “kenapa masih ada yang mandi telanjang di mesjid”..

Kemungkinan lain muncul peringatan tersebut dapat pula diduga karena larangan mandi di tempat tersebut. Lalu ada yang iseng menambahkan kata “telanjang” sehingga membuat tulisannnya menjadi “tidak boleh mandi telanjang”

Salam Telanjang

Iklan

4 thoughts on “Dilarang Mandi Telanjang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s