Penting Gak Yaa

Bukan Orang Minang

Konfrontasi antara adat dan agama kembali terjadi di ranah minang. Pengukuhan gelar datuk sangsako adat Minangkabau kepada Feriyanto Gani oleh ninik mamak delapan suku menuai protes dari masyarakat, termasuk diantaranya protes dari LKAAM selaku lembaga adat tertinggi di Minangkabau.

Seperti diketahui Feriyanto Gani bukan seorang muslim. Akan tetapi, ninik mamak delapan suku malah melewakan gelar datuk  sangsako adat Minangkabau kepadanya. Tentu hal ini mendapatkan penentangan dari LKAAM yang menganggap pengukuhan gelar adat tersebut tidak sah karena Feriyanto adalah seorang nonmuslim.

Adat basyandi syarak, syarak basandi kitabbullah menjadi filosofi dasar adat di minangkabau. Filosofi ini kadang ditafsirkan secara ekslusif oleh beberapa kalangan. Penafsiran ini menegaskan bahwa orang minang adalah penganut islam.

Realitasnya memang mayoritas orang minang beragama Islam. Akan tetapi, ada sebagian kecil orang yang memiliki garis keturunan minang yang non muslim. Kelompok inilah yang kemudian menjadi persoalan karena orang minang yang beragama selain islam bukan lagi dianggap sebagai orang minang.

Selain itu, tidak sedikit pula para pendatang dari luar (orang nonminang) yang berdomisili di ranah minang yang menganut agama selain islam. Selama ini orang minang hidup rukun dan harmonis dengan non muslim. Tidak banyak gesekan yang terjadi ditengah masyarakat. Di sumatera barat cukup banyak berdiri tempat ibadah penganut non muslim, seperti gereja dan wihara.

Harmonisasi ini berbanding terbalik dengan persepsi di dalam masyarakat tentang orang minang yang non muslim. Masyarakat sudah terbiasa hidup berdampingan dengan pendatang yang non muslim. Akan tetapi, ketika berhadapan dangan non muslim yang memiliki darah keturunan minang, maka akan berbeda dalam menyikapinya.

Masalah Feriyanto ini merupakan pembuktian bahwa orang minang tidak lagi mengakui non muslim yang memilki keturunan minang. Bila non muslim itu bukan orang minang, maka masyarakat akan membuka tangan untuk hidup berdampingan secara damai.

Salam Toleransi

Iklan

5 thoughts on “Bukan Orang Minang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s