Gak Penting Yaa

Festival Gandang Tasa

Sumber Foto : http://www.padangkini.com

Empat hari ini warga buluh kasok di kecamatan sungai sariak, Padang Pariaman mengadakan festival gandang tasa (gendang tasa). Festival berlangsung pada tanggal 25-28 Juni 2011. Gandang tasa merupakan kesenian tradisional masyarakat Pariaman yang dimainkan oleh satu tim yang terdiri dari 1 pemain tasa dan 6 penabuh tambur.

Konon, tambur (gendang) yang terbuat dari kayu dan kulit sapi ini berasal dari sisa kayu kapal nabi Nuh yang terdampar di pantai Pariaman. Pada masa sekarang gandang tasa dibuat dari kayu biasa yang dimainkan saat ada pesta pernikahan, acara penyambutan tamu dan saat prosesi budaya tabuik yang diadakan setiap bulan muharam.

Kategori yang dilombakan dalam festival gandang tasa buluh kasok adalah kategori gandang tasa senior dan gandang tasa yunior. Sesuai dengan namanya, gandang tasa senior diikuiti oleh peserta yang usianya relatif lebih tua. Sedangkan gandang tasa yunior diikuti oleh anak-anak yang berumur sekitar 6 sd  13 tahun, rata-rata masih duduk di bangku sekolah dasar.

Dengan diadakan dua ketegori ini menandakan bahwa ada regenerasi budaya yang dilakukan oleh masyarakat nagari kepada anak-anak muda. Memang sudah semestinya alih budaya dari generasi tua ke genarasi muda sudah dilakukan sedini mungkin sehingga seni budaya tetap terjaga secara berkesinambungan seiring dengan perubahan zaman. Dengan adanya regenerasi ini tradisi seperti kesenian tardisional gandang tasa ini tidak cepat punah.

Sayang, sosialisasi dan informasi festival gandang tasa di buluh kasok ini tidak begitu sampai ke tengah masyarakat. Bahkan masih ada masyarakat di sungai sariak yang tidak mengetahui bahwa ada lomba gandang tasa di nagarinya. Bagaimana mungkin orang luar datang mengunjungi festival ini jikalau tidak mendapatkan akses informasi.

Sumber Foto : padang-today.com
Sumber Foto : http://www.padang-today.com

Saya sendiri memaklumi hal demikian karena festival gandang tasa bukan seperti halnya festival musik Justin Bieber yang diadakan oleh even organizer kondang. Festival gandang tasa hanya sebuah karya anak nagari yang juga diikuti oleh masyarakat nagari. Meskipun demikian, festival gandang tasa berjalan lancar dan cukup banyak dihadiri oleh pengunjung.

Tak sedikit masyarakat yang bernaluri bisnis melampiaskannya dengan berdagang makanan dan minuman kecil di sepanjang area festival. Sementara itu, bagi yang belum pernah melihat aksi gandang tasa ini akan terhibur dengan aksi peserta lomba. Hal itu dialami oleh dua orang teman saya yang sebelumnya belum pernah menyaksikan atraksi gandang tasa, mereka berdecak kagum melihat pertujunjukan tersebut. Bagi para narablog yang belum pernah menyaksikan aksi gandang tasa, silahkan kunjung ini atau menyaksikan disini.

Iklan

4 thoughts on “Festival Gandang Tasa

  1. Festival tabuh2an biasanya selalu seru untuk dilihat karena semangat yang tinggi dari tiap peserta 🙂
    Semoga acara seperti ini akan selalu hadir setiap tahun ya… dan lebih banyak yang menyaksikannya 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s