Ngepos via Hape

Menggali Sumber Tulisan

Acap kali saya mendengar bahwasanya seseorang tidak akan bisa menulis jikalau tidak mempunyai referensi. Artinya, untuk dapat menulis harus ada bahan dan sumber agar mendukung isi tulisan.

Sumber tersebut dapat berupa informasi dari buku, kejadian di sekitar lingkungan dan lebih ekstrim lagi adalah sumber yang berasal dari akumulasi ingatan yang tersimpan dalam otak.

Sumber terakhir lebih kepada tulisan yang dibuat berdasarkan informasi yang telah dicerna jauh hari. Sementara itu, informasi dari buku merupakan hasil dari bacaan yang kembali dituangkan lewat tulisan. Terakhir adalah sumber yang terhampar di jagat raya ini, lebih dekatnya adalah menuliskan sesuatu yang telah terjadi di sekitar lingkungan kita.

Ketiga daftar pustaka sebuah tulisan itu bertebaran di seantro bumi. Tinggal kemauan kita saja untuk memungut dan meracik menjadi sebuah karya.

Iklan

6 thoughts on “Menggali Sumber Tulisan

  1. betul sekali, lebih baik menulis itu ada dasarnya, biar ga asal nulis aja,,, dan di sekitar kita bisa dijadikan sumber inspirasi. Karena Tuhan menciptakan alam beserta isinya salah satu tujuannya untuk menjadikan kita mau berfikir..

    Suka

    1. saya juga begitu, sekedar melepas uneg-uneg… khan uneg-uneg tersebut bersumber dari akumulasi dari apa yang kita alami saat berinteraksi dengan lingkungan… Jadi uneg-uneg juga ada sumbernya juga… 😀 😀 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s